USAHA YANG DILAKUKAN UNTUK MENGATASI PENGANGGURAN

Usaha Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Pengangguran – Sebelum kita membahas tentang usaha yang dilakukan untuk mengatasi pengangguran kita harus memahami dulu arti kata pengangguran dan penyebabnya agar kita dapat menyelesaikan masalah pengangguran yang terjadi di negara kita.

Pengangguran adalah orang yang tidak melakukan kegiatan apa-apa untuk menghasilkan uang, mereka hanya berpasrah diri terhadap tekanan hidup tanpa memberi perlawanan sama sekali.

Penyebab utama pengangguran antara lain:

Kurangnya ilmu pengetahuan.

Jika berbicara soal ilmu pengetahuan, cakupannya sangat luas. Pada intinya orang yang berilmi cendrung akan berusaha membuat usaha sendiri walaupun harus merintis dari awal.

Kurangnya lapangan kerja.

Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat namun tidak di imbangai dengan pertumbuhan industri yang seimbang, akibatnya banyak anak-anak yang tidak dapat mencari pekerjaan karena tidak tersedianya lowongan kerja.

Kurangnya pergaulan sosial

Kurangnya pergaulan juga akan mempengaruhi keadaan sosial seseorang, biasa mereka yang sudah bekerja cendrung akan lebih cepat dan mudah menemukan pekerjaan baru dari pada mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah, karena mereka tidak memiliki relasi di dunia kerja.

Cara untuk mengatasi pengangguran: 

Meningkatkan mutu belajar mengajar.

Jika kurangnya ilmu pengetahuan yang menyebabkan banyak orang yang menganggur tentu yang harus kita lakukan untuk menanggulanginya adalah dengan memperbaiki sistem pendidikan dari sejak dini.

Dari mulai mereka duduk di bangku sekolah hingga bangku kuliah mereka harus benar-benar mendapatkan ilmu pengetahuan yang memadai, jangan sampai mereka lulus sekolah tanpa bakanl ilmu yang memadai yang pada akhirnya akan menyulitkan mereka untuk terjun ke dunia kerja.

Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan sektor pendidikan, dari mulai memilih guru yang tepat, sarana belajar yang memadai dan lain sebagainya yang membuat seorang murid mampu bersaing untuk membuat hal-hal baru tanpa harus bekerja dengan orang lain.

Memperluas kesempatan kerja

Erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan, orang yang membuka sebuah usaha akan mampu membuka lowongan untuk orang lain jika usaha tersebut semakin besar.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk membuat usaha dari pada mencari kerja, terutama dalam sektor industri yang akan membutuhkan banyak karyawan.

Menurunkan jumlah angkatan kerja

Tidak dapat di pungkiri bahka pertumbuhan masyarakat kita memang sangat cepat dan tidak seimbang dengan pertumbuhan ekonomi yang menyebabkan minimalnya pendidikan dan ilmpu pengetahuan sementara lapangan kerja baru tidak tersedia.

Maka dari itu penting bagi kita untuk membatasi pertumbuhan masyarakat yang begitu cepat dengan program keluarga berencana, program  wajib  belajar  dan  adanya pembatasan usia kerja minimum agar seorang anak dapat fokus untuk menimba ilmu.

Meningkatkan kualitas kerja  dari tenaga  kerja yang  ada

Meningkatkan kualitas kerja sehingga mampu menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan keadaan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kerja, diantaranya:

  1. Melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi
  2. Kursus
  3. Balai latihan kerja
  4. Mengikuti seminar dan yang lainnya.

Jenis-jenis pengangguran dan cara mengatasinya:

Pengangguran structural

Pengangguran yang di sebebakan karena pencari kerja tidak memiliki syarat untuk masuk ke perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Cara mengatasi pengangguran structural

  • Membuka pelatihan tenaga kerja agar dapat ikut bersaing dengan tenaga kerja yang lain
  • Mendirikan industri padat karya di wilayah-wilayah yang mengalami pengangguran.

Pengangguran friksional

Pengangguran friksional adalah pengangguran yang di sebebkan kurangnya informasi lowongan kerja yang tersedia hingga sulitnya untuk mempertemukan antara pihak yang membutuhkan tenaga kerja dengan pihak yang memiliki tenaga kerja (angkatan kerja).

Cara mengatasi pengangguran friksional:

  • Penyediaan sarana informasi lowongan kerja
  • Pembukaan  proyek umum  dari  pemerintah sekitar,  seperti pembangunan jalan raya ,jembatan, pltu, plta dan lain sebagainya sehingga bisa menyerap banyak tenaga kerja secara langsung maupun untuk merangsang investasi baru dari kalangan swasta.

Pengangguran musiman

Pengangguran musiman adalah pengangguran yang diakibat pergantian musim hingga menyebabkan beberapa kalangan susah untuk mendapatkan hasil dari yang mereka kerjakan. Misalnya para petani dan nelayan.

Cara mengatasi pengangguran musiman:

  • Pemberian tahuan informasi seputar lowongan kerja di sekitar wilayah tempat tinggal,
  • Melakukan pelatihan-pelatihan di bidang ketrampilan berwira usaha untuk menghilangkan ketergantungan pada musim.

Pengangguran siklus 

Pengangguran siklus merupakan pengangguran yang disebabkan oleh terjadinya siklus konjungtur Negara yang sedang mengalami resisi/depresi perekonomian yang pada akhirnya menyebabkan penghentian atau pemecatan karyawan. Saat terjadi resisi daya beli masyarakat akan menurun sehingga permintaan barang dan jasapun ikut menurun.

Cara mengatasi pengangguran siklus 

  1. Mengarahkan permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa
  2. Meningkatkan daya beli masyarakat.

Itulah beberapa jenis pengangguran dan cara mengatasinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mampu mengurangi pengangguran yang ada di negara kita.

Salam sukses