Ternyata Ini loh Penyebab Naik Turunnya Nilai Tukar Mata Uang

Nilai Tukar mata uang memiliki peranan yang sangat penting bagi suatu Negara. Karena hal ini dijadikan sebagai tolak ukur Negara tersebut tergolong Negara maju atau tidak.

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi kalian dalam mengetahui penyebab naik turunnya nilai tukar mata uang.

Mungkin sampai sekarang kalian masih bingung mengapa harga mata uang selalu naik dan turun dan tidak jelas kapan periodenya. Dan pasti kalian hanya menerima perubahannya begitu saja.

Kebanyakan orang selalu mengabaikan hal ini karena mereka menganggap hal ini sudah biasa dan sudah umum terjadi.

Tanpa mereka berfikir harus mencari tahu sebenarnya apa sih yang memperngaruhinya sehingga harga mata uang dapat naik dan turun ?

Nah untuk kalian yang ingin tahu apa penyebab naik dan turunnya harga mata uang, maka saya akan memberikan jawabannya.

nilai tukar mata uang menurun

Berikut 4 penyebab Naik Turunnya Nilai Tukar Mata Uang :

  1. Tingkat Inflasi yang berbeda antar Negara

 Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga – harga umum secara terus – menerus yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Umumnya hal ini dilihat dari harga – harga perekonomiannya. Jika semua harga sembako dipasaran naik maka harga mata uang pun ikut naik.

Jadi dengan adanya perbedaan tingkat inflasi antara Negara yang satu dengan Negara yang lain menyebabkan perbedaan nilai tukar mata uangnya.

  1. Adanya perbedaan tingkat suku bunga antar Negara

 Setiap Negara memiliki tingkat suku bunga yang berbeda. Hal ini disebabkan karena bank sentral boleh mengubah harga suku bunga tersebut guna mempertahankan level perekonomian Negara tersebut.

Seperti yang saya bilang tadi, harga nilai tukar mata uang dijadikan tolak ukur maju atau tidaknya suatu Negara.

Hal ini yang menyebabkan bank sentral enggan menurunkan harga suku bunganya, sebab jika harga suku bunga turun maka akan berpengaruh besar terhadap nilai tukar mata uang.

Maka dari itu kebanyakan bank sentral menaikkan harga suku bunganya guna menstabilkan nilai tukar mata uang.

  1. Kondisi kestabilan politik dan Ekonomi

 Naik dan turunnya nilai tukar mata uang juga dipengaruhi oleh kondisi kestabilan politik dan ekonomi suatu Negara.

Karena jika kondisi politik dan ekonomi kita stabil maka akan banyak investor asing yang percaya menanamkan modalnya di negara kita.

Namun apabila kondisi politik dan ekonomi kita tidak stabil maka investor asing tidak akan mau menanamkan modalnya dinegara kita.

Jadi kestabilan kondisi politik dan ekonomi memengaruhi naik dan turunnya nilai tukar mata uang sebab menyangkut kepercayaan para investor asing.

  1. Perbandingan harga Ekspor dan Impor

 Penyebab lain yang mempengaruhi naik dan turunnya nilai tukar mata uang adalah perbandingan harga ekspor dan impor.

Jika harga ekspor lebih tinggi daripada harga impor maka harga mata uang pun naik, yang berarti bahwa Negara tersebut termasuk Negara maju.

Sama seperti permintaan yang banyak diajukan kepada Negara kita, semakin banyak permintaan berarti semakin banyak Negara yang mempercayakan kualitas Negara kita.

Jadi sekarang anda sudah tahu kan apa saja yang memperngaruhi atau penyebab naik dan turunnya nilai tukar mata uang? Maka dari itu petiklah pelajaran yang dapat kalian ambil dari artikel ini. Semoga apa yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Saya akhiri artikel ini dengan Terima kasih.