Sejarah Uang

Sejarah Munculnya Uang

Tanpa kita sadari ternyata uang yang kita gunakan untuk bertransaksi memiliki sejarah yang cukup panjang dan mengalami perusahan dari masa ke masa. Bahkan hingga kini uang yang kita gukana terus mengalami perubahan yang sangat pesat.

  1. Masa sebelum Barter 

Uang yang kita gunakan saat ini  ternyata telah mengalami proses perkembangan yang amat panjang.

Pada mulanya, seluruh masyarakat tidak mengenal pertukaran dikarena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha masing-masing.

Manusia berburu jika ia lapar, membuat pakaian sendiri dari berbagai kulit hewan buruan, mencari buah-buahan untuk keperluan konsumsi sendiri. Singkatnya, semua kebutuhan di kerjakan masing-masing tanpa bantuan orang lain.

Lama kelamaan manusia dihadapkan pada kenyataan bahwa apa yang diproduksi sendiri ternyata tidak akan pernah cukup untuk memenuhui seluruh kebutuhan hidupnya.

Barulah muncul Sistem Barter (menukar barang dengan barang)

  1. Masa Barter 

Untuk memperoleh barang yang mereka butuhkan, mereka memutuskan untuk mencari orang lain yang mau menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain yang dibutuhkannya.

Namun pada akhirnya, masih banyak kesulitan yang dirasakan masyarakat dengan sistem ini. Salah satunya adalah kesulitan menemukan orang yang mempunyai barang yang memang dibutuhkan.

Setelah ketemu barang yang dibutuhkan namun belum tentu orang lain itu bersedia menukarkan dengan barang yang kita miliki. Terlebih lagi barang yang kita memiliki belum tentu memiliki nilai tukar yang seimbang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, mulailah timbul pikiran untuk menggunakan alat atau benda tertentu sebagai alat tukar, sebagai syarat barang harus dapat diterima berbagai kalangan (bersifat umum). Contohnya adalah garam.

Garam sempat digunakan sebagai alat tukar dan pembayaran upah kerja oleh bangsa Romawi, terbukti dari orang Inggris menyebut upah tenaga kerja sebagai salary, salary berasal dari bahasa Latin salarium yang artinya adalah garam.

Jenis barang yang pernah digunakan sebagai alat tukar diantaranya :

  1. garam
  2. kulit hewan
  3. hewan
  4. batu-batuan berharga
  5. kulit pohon
  6. logam

Namun dengan sistem barter ini ternyata masih banyak kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi diantaranya?

  1. Barang sulit disimpan
  2. Barang sulit dibawa kemana-mana
  3. Barang sulit untuk dibagi menjadi bagian yang lebih kecil
  4. Kebanyakan barang tersebut tidak tahan lama
  5. Nilai barang tersebut tidak tetap

Masa Uang Logam

Peradaban yang zaman yang semakin maju, mengakibatkan kebutuhan yang semakin meningkat, kemudian muncullah uang logam, emas dan perak sebagai alat tukar yang tidak cepat rusak, memiliki nilah yang lebih kecil, mudah disimpan dan di bawa kemana-mana.

Mata Uang Kertas

Namun seiring berjalannya waktu dan meningkatnya pengguna uang logam, emas dan perak ternyata sangat menyulitkan ketika mereka bertransaksi dalam jumlah besar.

Maka mereka membuat selembaran kertas untuk sebagai barang jaminan kepemilikan uang logam, emas dan perak. Dengan begitu mereka tidak akan di repotkan dengan kegiatan menghitung uang logam tersebut.

Seiring berjalannya waktu, dengan kemudahan menggunakan kertas sebagai bukti kepemilikan emas ternyata mengurangi penggunaan uang logam secara langsung yang pada akhirnya tercipta mata uang kertas yang kita gunakan sekarang.

Mata Uang Digital

Tidak cukup hanya disitu, ternyata perkembangan mata uang terus berlanjut hingga sekarang. Bahkan sekarang ini sudah tersedia mata uang digital yang sangat memudahkan kita dalam bertransaksi.

Kita tidak perlu lagi membawa uang ketika hendak berbelanja karena cukup dengan menggunakan perangkat gadget untuk mengakses situs penyedia mata uang digital tersebut.

Itulah sejarah mata uang yang sudah kita gunakan hingga kini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita.

Terima kasih