Penyebab Kegagalan Bisnis Di Kalangan Pemula

Bagi pemula yang baru belajar merintis bisnis sendiri selalu mengalami kendala di awal perjalanan usahanya.

Hal ini tidak bisa dipungkiri , karena setiap pemula belum tau apa saja yang akan dialami seseorang yang baru membuka sebuah bisnis.

Sebenarnya kegagalan dalam menjalankan usaha pada masa-masa belajar ini adalah hal biasa.

Asal kesalahan itu bukan sengaja kita ciptakan. Tetapi banyak mereka yang tidak menyadari bahwa penyebab kegagalan bisnis tersebut ternyata akibat dari sikap dan perilakunya sendiri.

Kita selalu di ajarkan untuk bangkit dari kegagalan. Bahkan selalu diberi motivasi bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Ini memang positif. Namun sepertinya menjadi kurang etis pula kalau kegagalan itu seolah karena ada unsur kesengajaan.

Untuk itu bagi kita yang benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses, paling tidak harus mengetahui perilaku apa saja yang bisa menyebabkan bisnis menjadi gagal.

gulung tikar

Disini akan saya uraikan beberapa penyebab kegagalan bisnis yang berasal dari sikap pembisnis itu sendiri dan sering terjadi di kalangan pemula.

  1. Terlalu nekat buka usaha

 Banyak para motivator bisnis menyarankan bahwa jika ingin memiliki usaha, maka segera jalankan tanpa harus banyak pertimbangan.

Karena menurutnya masalah yang lain bisa di atur kemudian atau sambil berjalan.

Tetapi sikap seperti ini bukan lantas kita ikuti begitu saja tanpa pertimbangan sama sekali. Karena ada hal-hal yang tidak bisa secara instan kita selesaikan apabila terjadi kendala.

Kita ambil contoh seseorang yang nekat buka usaha dengan modal minim. Dan belum tahu kemana dan pada siapa harus mencari pinjaman modal jika di awal bisnisnya terjadi masalah.

Buka warung bakso misalnya. Modalnya hanya cukup untuk bisa jualan bakso selama tiga hari. Ketika selama tiga hari tersebut belum ada pembeli sama sekali, sementara modal sudah habis, maka hari ke empat tidak bisa jualan lagi. Ini sekedar contoh sederhana saja.

Nekat yang model seperti ini seharusnya tidak boleh di ikuti. Karena bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis yang baru di rintisnya. Sehingga kesan nya malah menjadi tidak serius ingin berwirausaha.

Sebaiknya persiapkan modal untuk 3 – 4 bulan kedepan. Karena di masa-masa awal biasanya baru dalam tahap pengenalan usaha kepada konsumen.

  1. Sukses diawal buka usaha, lantas merasa sudah berhasil

 Hal seperti ini pun sering di temui pada pemula bisnis yang baru tahap belajar. Sebenarnya ini salah satu sifat sombong yang harus dihilangkan jika benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses.

Disaat awal berjalan bisnis langsung booming dan mulai menampakkan hasil. Seolah-olah ia merasa sudah sukses dan yakin akan berjalan lancar.

Sehingga dia mulai menggunakan uang untuk memenuhi keinginan pribadi sampai kepada hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

Tanpa disadari ternyata prilaku itu membuat dirinya terlena. Mulailah modal usahanya terpakai sedikit demi sedikit.

Pertama dianggapnya hal kecil. Karena berpikiran nanti akan kembali dari keuntungan berikutnya. Namun lama-lama justru menjadi boomerang bagi dirinya.

Perilaku seperti ini bukanlah sikap yang dimiliki oleh jiwa pengusaha sejati. Untuk itu berusahalah mengikis pola hidup demikian ketika anda memutuskan ingin menjadi pembisnis.

  1. Panik saat menghadapi masalah

Tergopoh-gopoh, buru-buru dan panik ketika masalah datang ternyata juga bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis. Belajarlah untuk menjadi orang yang bersahaja, tenang dan kalau perlu berwibawa dalam menghadapi permasalahan.

Misalnya saat menghadapi keluhan konsumen. Dengarkan komplain mereka, dan jawablah dengan sopan, jujur dan diplomatis. Kalau memang itu kesalahan kita, Minta maaf dan berjanji untuk memperbaiki.

Jangan lantas menjadi panik dan memberikan banyak alasan begini begitu. Apalagi sampai mengkambinghitamkan kepada orang lain atau sesuatu yang bukan urusan pelanggan.

Karena umumnya pelanggan tidak mau tahu dengan urusan kita dan tidak ingin mendengar jawaban yang bertele-tele.

Jangan bawa-bawa masalah yang terjadi di luar bisnis ke dalam usaha. Masalah keluarga misalnya. Jadi tetaplah bersikap tenang dan murah senyum walaupun sebenarnya hati kita sedang tidak mood.

  1. Cepat merasa puas

Penyebab kegagalan bisnis berikutnya yang disebabkan oleh sikap dan perilaku kita adalah cepat merasa puas.

Seorang pengusaha harus selalu konsisten dan fokus dengan usaha yang sedang dijalaninya.

Terlebih saat baru menjadi pemula bisnis. Walaupun sudah berhasil dan bisnis kelihatan mapan, jangan lantas merasa puas dan kehilangan motivasi untuk selalu memiliki inovasi dan mengembangkan bisnis. Misalnya tidak lagi melakukan promosi karena bisnis sudah lancar. Ini salah besar.

Namun pergi berlibur untuk menikmati hasil usaha kita juga tidak ada salahnya. Tapi jangan terlalu sering.

Fokuskan waktu dan kegiatan anda pada bidang yang masih ada hubungan dengan bisnis tersebut kalau memang mungkin anda sudah punya karyawan yang mengurus bisnis itu.

  1. Bersaing memamerkan hasil usaha di media sosial

Pamer barang-barang milik pribadi dari hasil usaha kita di media sosial satu sisi mungkin bukan masalah.

Namun jika ini menjadi semacam ajang pamer antara sesama pelaku bisnis, sehingga muncul persaingan siapa yang lebih hebat, siapa yang lebih mahal atau siapa yang lebih bisa membeli banyak barang-barang mewah, maka ini sudah tanda-tanda sikap menuju kepada penyebab kegagalan bisnis.

Lebih baik anda kelihatan biasa-biasa saja namun sebenarnya anda mampu seperti mereka yang berhasil lainnya. Bahkan jika anda lebih sukses dan lebih kaya dari mereka sekalipun.

Karena hal ini tidak saja akan memunculkan prilaku konsumtif namun bisa-bisa malah menjadi persaingan bisnis yang tidak sehat di luar media sosial. Akan menumbuhkan sifat iri dan lama-lama menjadi dengki.

Oleh karena itu, walaupun hanya sekedar status di medsos anda harus tetap waspada dan berhati-hati. Akan lebih baik lagi jika anda tidak pamer kekayaan dan kesuksesan di jaringan sosial media.

Bahkan lebih baik lagi kalau waktu anda benar-benar dimanfaatkan untuk terjun di kegiatan sosial di masyarakat. Sehingga akan lebih mendapat image yang positif dari orang-orang sekitar anda.

Itulah beberapa perilaku yang sering terjadi di kalangan pemula bisnis yang menjadi penyebab kegagalan bisnis mereka.

Untuk itu usahakan anda tidak terjebak oleh sikap anda sendiri. Kalau memang anda orang yang terbiasa dengan beberapa prilaku diatas, maka mulai sekarang belajarlah untuk mengendalikan diri.

Karena bagaimanapun tidak ada orang yang mengharapkan kegagalan dalam segala hal. Apalagi urusan bisnis. Pasti semua menginginkan supaya usaha yang sudah dijalani terus bertahan dan semakin lancar.

Ingat yang namanya menjalankan suatu pekerjaan atau suatu kegiatan selalu ada cobaan yang menghampiri.

Maka dari itu pandai – pandai lah mengendalikan diri. Jangan sampai diri sendiri yang merusak kesuksesan yang telah anda raih dengan susah payah.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab kegagalan bisnis . semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Semoga sukses.