PENGERTIAN OBLIGASI

Obligasi Adalah- Obligasi, tidak pernah terdengan dalam perbincangan sehari-hari namun bahasa ini sangat sering di gunakan oleh para pebisni.

Secara umum obligasi merupakan surat tanda bukti hutang dari perusahaan (penerbit obligasi) kepada pemberi hutang (dapat di katakan investor).

Sebuah perusahaan yang memiliki modal yang minim seringkali menerbitkan obligasi sebagai sarana untuk mendapatkan tambahan modal perusahaan tersebut.

Sang pemberi hutang akan mendapatkan laba dari obligasi yang dimilikinya, bergantung pada obligasi yang di terbitkan.

Harga obligasi bervariasi, namun secara umum bergantung pada bunga yang harus di keluarkan. Semakin besar bunga obligasi maka harga obligasi tersebut akan semakin rendah.

obligasi

Obligasi = Surat tanda hutang

Investor (membeli) Obligasi : orang yang meminjamkan uang
Penerbit Obligasi : perusahaan atau orang yang berhutang uang

JENIS OBLIGASI

Obligasi Terdaftar dan Obligasi Atas Unjuk

Obligasi Terdaftar – merupakan sebuah obligasi yang diterbitkan menggunakan nama pemiliknya atau pun nama pemegang obligasi tersebut.

Obligasi Atas Unjuk – merupakan sebuah obligasi yang mencamtumkan pemiliknya, sehingga obligasi tersebut dapat diperjual belikan atau pun ditransfer kepada orang lain yang bersedia membeli obligasi tersebut tanpa memerlukan aktivitas peresmian atau dokumentasi apapun.

Obligasi Berjangka, Obligasi Serial dan Obligasi Dapat Ditebus

Obligasi Berjangka – merupakan sebuah obligasi yang memiliki masa aktif dalam jangka waktu tertentu (tidak berangsur).

Obligasi Serial – merupakan sebuah obligasi yang tanggal jatuh temponya sudah ditetapkan secara serial atau pun berangsur sesuai kesepakatan awal.

Obligasi Dapat Ditebus – merupakan sebuah obligasi yang dapat ditebus kembali oleh penerbitnya obligasi tersebut selama dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo yang di sepakati.

Obligasi Dijamin dan Obligasi Tidak Dijamin

Obligasi Dijamin – merupakan sebuah obligasi yang diberi jaminan berupa aset perusahaan. Pemberian jaminan ini bermaksud untuk menjamin pengembalian uang kepada pemegang obligasi jika sewaktu-waktu perusahaan tersebut  mengalami kebangkrutan. Contoh obligasi ini adalah obligasi trust, yaitu sebuah surat obligasi yang dijamin dengan menggunakan saham milik perusahaan lain.

Obligasi Tidak Dijamin – merupakan sebuah obligasi yang tidak memiliki jaminan apapun sama sekali. Model obligasi ini jauh lebih beresiko dari pada obligasi terjamin yang di jelaskan sebelumnya. Namun dari sisi lain, tingkat pengembalian obligasi jenis ini mamiliki tingkat suku bunga yang  jauh lebih tinggi dari pada obligasi terjamin.

Obligasi Konvertibel

Obligasi konvertibel adalah sebuah obligasi yang dapat dikonversi ataupun digantikan dengan berbagai jenis surat berharga lainnya setelah surat obligasi ini diterbitkan. Pada umumnya, surat obligasi konvertibel ini biasanya dikonversi menjadi saham perusahaan.

Sekian informasi seputar pengertian obligasi, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya. Terima kasih dan salam sukses.