Pengertian Genre Game Full Version, Beta, Rip, Repack, Reload, Skidrow Dan Portable

Hallo para gamers, tentunya kalian sering mendownload game bukan ? Nah pastiya kalian sering menjumpai kata – kata seperti Skidrow, Portable, Reloaded, Repack, RIP, Beta, Full Version, dll. Tetapi tahukah kalian apa arti dari kata – kata tersebut ? Ternyata kata – kata tersebut merupakan istilah dari genre game yang sering digunakan di internet. Untuk anda yang belum mengetahui arti dari istilah – istilah tersebut, Maka pada artikel yang kali ini saya akan menjelaskan mengenai arti dari istilah – istilah tersebut.

13 Istilah Genre game yang sering dipakai di internet :

  1. Full Version

Full Version merupakan istilah yang digunakan untuk game yang masih asli ataupun original. Yang dimaksud asli disini adalah belum ada pemotongan maupun pengurangan terhadap fitur yang terdapat pada game tersebut. Biasanya game yang ingin dijadikan Full Version akan dimintai serial number ataupun crack. Jika anda mendownload game yang memiliki genre / jenis game Full Version maka game tersebut masih bagus ataupun masih asli.

  1. Beta

Beta

 Beta adalah istilah yang digunakan untuk game yang masih dalam tahap uji coba. Maksud tahap uji coba disini adalah game tersebut masih dalam tahap pengetesan tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki game tersebut. Tahap ini sangat baik dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan yang terdapat pada game tersebut. Jadi nantinya setelah game ini dirilis, tidak ada lagi kekurangan yang dimiliki game tersebut. Maka dari itu untuk anda yang ingin mendownload sebuah game, jika anda menjumpai game tersebut masih bergenre Beta sebaiknya jangan didownload dulu. Karena jika anda tetap mendownloadnya dikhawatirkan game tersebut akan eror jika dimainkan.

  1. Alpha

 Alpha adalah istilah yang digunakan untuk game yang baru dibuat. Biasanya yang namanya game baru buat pasti masih terdapat banyak kesalahan yang terdapat dalam game tersebut seperti error ataupun tidak sinkron ataupun graphicnya jelek ataupun texturenya hilang, dan masih banyak lagi kesalahan – kesalahan yang belum diatur di dalam game tersebut.  Maka dari itu jika anda menjumpai genre Alpha pada saat ingin mendownload sebuah game, sebaiknya game tersebut jangan di download dulu. Karena dikhawatirkan game tersebut nantinya tidak bisa dimainkan karena masih terdapat banyak kesalahan di dalam game tersebut. Tapi jika anda adalah seorang game tester dan bermaksud hanya ingin mencoba game tersebut ya silahkan.

  1. Demo

 Demo adalah istilah yang digunakan untuk game yang sengaja dibuat khusus untuk dicoba sebelum didownload. Biasanya jika anda ingin mendownload game yang bergenre Demo maka akan hanya terdapat beberapa level saja didalam game tersebut.

  1. RIP

RIP adalah istilah yang digunakan untuk game yang dikurangi fitur – fiturnya. Seperti video, texture maupun audio. Jadi jangan heran jika anda mendownload game dengan genre RIP tidak terdapat video ataupun audio ataupun texture di dalam game tersebut. Karena game yang bergenre RIP memang sengaja menghapus fitur – fitur tersebut guna memperkecil ukuran game tersebut.

  1. Full RIP

Full Version

Full RIP adalah istilah yang digunakan untuk game yang berukuran kecil sekali. Berbeda dengan RIP yang hanya menghapus beberapa fitur yang terdapat pada sebuah game. Full RIP akan menghapus secara keseluruhan fitur yang terdapat pada game tersebut dengan tujuan yang sama yakni membuat game tersebut berukuran sangat kecil sekali.

  1. Repack

 Repack adalah istilah yang digunakan untuk game yang di compress secara penuh tanpa adanya pengurangan fitur maupun pengurangan lainnya. Jika pun ada pengurangan palingan hanya mengurangi kualitasnya, tidak akan mengganggu jalannya permainan tersebut.

  1. Reloaded

 Reloaded adalah istilah yang digunakan untuk game yang asli tetapi sudah di crack. Atau bisa juga dibilang termasuk game Full Version. Tetapi ada catatan untuk para gamers yang ingin mendownload game dengan genre Reloaded ini. Karena game yang bergenre Reloaded ini size nya cukup besar sehingga dibutuhkan koneksi internet yang cepat untuk mendowload game jenis ini.

  1. High Compression

 High Compression adalah istilah yang digunakan untuk game yang diperbesar  ukurannya. Misalnya game tersebut awalnya berukuran 600 MB. Jika diinstal maka ukurannya akan berubah menjadi 6 GB. Tetapi biasanya game yang diperbesar ukurannya seperti ini maka kebanyakan yang tidak berhasil.

  1. Trial / Shareware

Trial/Shareware adalah istilah yang digunakan untuk game yang sengaja dibuat untuk free. Game jenis ini bisa dibagikan ataupun dicoba dan yang pastinya gratis. Tetapi ada catatannya ni, game jenis trial ini memiliki batasan waktu misalnya 40 menit ataupun 8-14 hari. Game jenis ini biasanya berukuran kecil karena untuk dibagikan secara gratis kepada gamers.

   11. Freeware

 Freeware adalah istilah yang digunakan untuk game yang benar – benar dibuat untuk dibagikan secara gratis. Tetapi biasanya untuk game yang memiliki beberapa seri, seri berikutnya tidak akan ada kelanjutannya. Karena game ini dibuat khusus untuk gratisan.

  1. Skidrow

Skitdrow adalah istilah yang digunakan untuk para pembajak game asli secara gratis. Jenis game skidrow ini bisa dimainkan tanpa harus membeli CD game nya.

  1. Portable

 Portable adalah istilah yang digunakan untuk game yang tidak perlu diinstal. Game jenis fortable ini bisa langsung dimainkan tanpa harus mengintalnya terlebih dahulu. Cukup dengan mengopy dan menyimpannya di software.

Demikianlah penjelasan saya mengenai pengertin macam – macam genre game. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam Gamers.