Pengertian dan Bentuk Perusahaan atau Badan Usaha

Kita sering mendengar dan bahkan terkadang menyebut istilah “perusahaan”, namun tidak jarang kita jumpai orang yang menyebutkan istilah tersebut tidak mengerti apa arti istilah tersebut.

Maka dari itu saya akan sedikit berbagi ilmu pengetahuan tentang pengertian dan bentuk perusahaan atau badan usaha.

Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah sebuah organisasi yang didirikan bertujuan untuk memperoleh keuntungan atas kegiatan perusahaan tersebut. Perusahaan dapat didirikan seorang diri atau dengan beberapa rekan lain(kelompok).

Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal. Kegiatan produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun ada juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.

Bentuk Badan Usaha antara lain:

  1. Perusahaan Perseorangan, yaitu sebuah perusahaan yang keseluruhannya dimiliki oleh satu orang(pemilik tunggal).
  2. Persekutuan ( Firma dan CV ), yaitu sebuah perusahaan yang dimiliki oleh beberapa orang dengan kesepakatan bagi hasil.
  3. Perseroan Terbatas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PT, yaitu perusahaan yang memiliki badan hukum terpisah dan dibentuk berdasarkan hukum, dimana surat kepemilikannya dibagi dalam bentuk saham-saham.Ketiga badan usaha yang dijelaskan diatas merupakan badan usaha milik swasta yang artinya didirikan oleh orang atau badan – badan swasta (bukan atas nama pemerintah).Secara umum perusahaan dapat dikelompokkan menjadi :
    1. Perusahaan Jasa (service firm) merupakan sebuah perusahaan yang kegiatannya adalah menjual jasa kepada pelanggan. Salah satu contohnya adalah kantor akuntan, kantor pengacara, salon dan masih banyak lagi yang lainnya.

    2. Perusahaan Dagang (merchandising firm) merupakan sebuah perusahaan yang kegiatannya membeli dan menjual kembali barang tersebut kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah dealer, toko hp, grosir, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

    3. Perusahaan Manufaktur/Industri/Pabrik (manufacturing firm) merupakan sebuah perusahaan yang kegiatannya adalah mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi dan kemudian menjual barang tersebut kepada pihak lain. Salah satu contohnya adalah pabrik sepatu, pabrik roti, dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dan bentuk perusahaan dan badan usaha yang ada di negara kita, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua.

Silahkan shere ke teman-teman yang lain

Terima kasih dan salam sukses.