Pengertian dan Bentuk Perusahaan atau Badan Usaha

Pengertian perusahaan

Perusahaan adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh beberapa orang atau seorang diri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kebutuhan tersebut dapat berupa barang, jasa, benda, makanan, obat-obatan dan lain sebagainya.

Dari kegiatan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka perusahaan tersebut mendapatkan laba.

Tapi ada pula perusahaan yang memanfaatkan kebutuhan masyarakat yang tinggi untuk memperoleh laba.

Pada dasarnya, perusahaan terdiri dari 3 unsur pokok, yaitu sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA) dan modal.

Tanpa ketiga unsur pokok diatas maka perusahaan tidak akan dapat berjalan.

perusahaan

Bentuk-bentuk badan usaha

  1. Perusahaan Perseorangan,yaitu sebuah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh satu orang saja.
  2. Persekutuan (Firma dan CV), yaitu sebuah perusahaan dimiliki oleh beberapa orang. Hak dan kewajiban bergantung pada perjanjian awal pendirian perusahaan atau pembelian aset perusahaan.
  3. Perseroan Terbatas, yaitu perusahaan yang menerbitkan saham dan siapa yang membeli dan memiliki saham tersebut maka dianggap sebagai pemilik perusahaan tersebut.

Jika 1 orang yang memiliki seluruh saham maka 1 orang itulah pemiliknya perusahaan, tapi jika saham di pegang oleh beberapa orang, maka beberapa orang itulah yang di anggap sebagai pemiliknya.

Dari 3 jenis badan usaha diatas, semuanya adalah jenis badan usaha milik swasta.

Secara garis besar, kegiatan perusahaan dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu: 
1. Perusahaan Jasa (service firm) adalah perusahaan yang kegiatan utamanya menjual jasa kepada masyarakat. Misalnya saja kantor akuntan, loundry, kantor pengacara, Salon dll.

2. Perusahaan Dagang (merchandising firm) adalah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli dan menjual barang tersebut kepada masyarakat tanpa melakukan perubahan pada barang tersebut. Misalnya saja dealer, grosir, toko kelontong, indomaret dan lain sebagainya.

 3. Perusahaan Manufaktur / Pabrik / Industri (manufacturing firm) Yaitu perusahaan yang kegiatan utamanya melakukan pengolahan bahan baku dan dijadikan barang jadi atau setengah jadi dan menjual barang tersebut. Misalnya saja pabrik sepatu, pabrik roti, pabrik minyak, pabrik gula dan yang lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan bentuk badan usaha, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan salam sukses.

Artikel terkait:

  • pengertian badan usaha
  • pengertian perusahaan
  • bentuk bentuk badan usaha
  • perbedaan badan usaha dan perusahaan
  • pengertian badan usaha menurut para ahli
  • materi badan usaha
  • pengertian perusahaan secara umum
  • jenis-jenis kegiatan usaha bums