PELUANG BISNIS ONLINE

Dahulu bisnis di kenal dengan kegiatan berdagang kesana kemari menjual barang dagangan, dan sekarang ini kegiatan berdagang sudah tidak perlu di iringi dengan kegiatan kesana kemari lagi, kenapa?..

Karena kita dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana berdagang seperti facebook, twitter, instagram, blog bahkan kita dapat membuat jaringan website kita sendiri seperti toko online

Namun untuk memulai bisnis online kita masih bingung harus memulai dari mana?..

Sebelum kamu ingin memulai bisnis online kamu harus memperhatikan beberapa hal ini:

  1. Pasar

Seringkali pemula melakukan kesalahan karena tidak memperhatikan pasar yang menjadi target bisnis mereka yang akhirnya mereka mundur karena tidak puas dengan hasil yang mereka peroleh.

produk apa saja yang paling menarik minat di masyarakat kita?..

apa saja yang dibutuhkan masyarakat di sekitar kita?..

jawaban pertanyaan di atas saya rasa sudah cukup untuk menentukan bisnis apa yang akun kamu jalankan.

  1. Jangka bisnis

Setelah kamu menemukan bisnis apa yang akan kamu jalankan, kamu juga harus memperhatikan seberapa lama bisnis mu itu akan berlangsung. Apakah yang akan kamu tekuni akan memberikan keuntungan jangka panjang atau hanya sementara, atau bahkan tidak memberikan keuntungan sama sekali.

Penjual tikar misalnya, satu rumah hanya membutuhkan 1 hingga 3 tikar, dan tikar itu dapat bertahan hinggal 5 tahun kedepan. Artinya apa?.. selama 5 tahun orang yang sama tidak akan membeli tikar.

Berbeda dengan usaha makanan yang ini hari beli, besok balek lagi karena ketagiahan rasa yang di berikan.

  1. Hobi dan kemampuanmu

Jangan pernah tergiur pada keuntungan usaha orang lain karena kamu belum tentu akan berhasil sama seperti dia, kenapa?..

Setiap orang memiliki hobi dan kemampuan yang berbeda, begitu juga kamu. Kamu tidak akan berhasil jika mengerjakan yang tidak kamu sukai dan tidak sesuai dengan bidang kemampuanmu.

Apapun jenis usaha yang kamu tekuni selama kamu senang menjalaninya dan kamu terus belajar di bidang yang kamu sukai itu. Percayalah bahwa kamu akan sukses walaupun belum tentu kaya…hehehehe

Jika kamu sudah menemukan usaha yang cocok untukmu, kamu mungkin bingung harus memulainya dari mana?..

Kita ambil contoh kamu ingin menekuni dunia elektro dan membuka jasa reparasi hp, tv, laptop dll. Dan langkah awal yang harus kamu lakukan adalah:

  1. promosi

untuk promosi kita tidak perlu melakukannya dari pintu ke pintu. Kita cukup memanfaatkan teknologi seperti:

1.1.medsos

Media promosi yang paling gambang yaitu dari medsos seperti facebook, karena banyaknya yang menggunakan facebook memudahkan kita untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.

Apalagi kamu dapat bergabung dengan grup-grup yang memang membutuhkan jasa mu. Kamu dapat mempromosikan jasa mu di grup facebook, dengan teman dekat mu atau bahkan kamu dapat membuat grup atau fans page mu sendiri.

Bukan hanya facebook, kamu juga dapat memanfaat medsos lainnya yg merupakan sarana komunikasi dengan orang lain.

1.2.blog

Ini adalah langkah awal untuk promosi jasa mu kepada calon pelanggan, kamu dapat membuat blog seputar reparasi tv yang mati total, cara memperbaiki layar tv yang rusak atau semacamnya.

Ketika para pembaca membaca artikel di blog yang kamu buat, tentu mereka merasa yakin bahwa kamu itu orang yang memang benar-benar berkemampuan dalam dunia elektro.

Upayakan kita memberikan informasi yang mereka butuhkan, kamu juga harus memberi kesempatan untuk bertanya agar kamu dapat berinteraksi kepada mereka secara langsung untuk membangun koneksi, karena ada ubi pasti ada talas.

Dari mereka yang membaca blog mu pasti yang merespon jasa perbaikan alat-alat elektronika dan Kamu juga dapat mengisi blog mu dengan banner untuk menarik pelanggan.

  1. Pelayanan

Berikan pelayan yang sebaik mungkin kepada pelanggan terutama untuk baru, kenapa?.. jika mereka merasa puas dan senang dengan palayanan yang kita berikan maka mereka akan merekomendasikan jasa kita kepada orang-orang disekitar mereka.

Apalagi jika kita menjual jasa lebih murah di bandingkan dengan jasa yg lain, tentu akan sangat menarik pelanggan. Pelanggan pun akan terus berdatangan tanpa henti, namun harga yg murah harus tetap memberikan kualitas yang ok punya.

  1. Belajar dan terus berinovasi

Jangan pernah berfikir bahwa ilmu kita sudah cukup dan berhenti untuk belajar, di dunia teknologi selalu ada saja teknologi-teknologi baru yang membuat kita harus terus belajar dan terus belajar.

Sebaiknya kita juga tidak hanya memperbaiki benda yang rusak tapi akan lebih baik lagi apa bila kita dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, anti kontak contohnya. Kita tidak mesti menciptakan sesuatu yang canggih, kita cukup membuat alat yang bermanfaat bagi orang lain atau kalangan tertentu.

Reparasi tv, computer, hp dan laptop itu Cuma contoh untuk memudahkan pemahaman mengenai langkah awal dalam memanfaatkan sosial media.

Nah itulah seputar mengawali langkah berbisnis online yang harus kamu terapkan agar tidak mengalami kegagalan di masa yang akan datang.