Langkah Awal menjadi Dropshipper

Selamat pagi sobat, kali ini saya akan melanjutkan artike sebelumnya yang membahas tentang penghasilan dari internet yang salan satunya adalah dropship.

Dropship merupakan kegiatan menjual barang orang lain kepada orang lain. Kita tidak perlu menyetok barang yang cukup beresiko, kita hanya perlu mendaftar sebagai dropshipper dari supplier yang menediakan barang untuk di perjual belikan.

Yang kita perlukan adalah kemampuan untuk menjual barang kepada calon pembeli. Namun sebelum kita menjual suatu barang kepada orang lain ada beberapa hal yang harus kita perhatikan oleh seorang dropshipper:

  1. Barang

Sebelum kita menawarkan barang kepada calon pembeli tentu kita harus tau dulu barang apa yang akan kita tawarkan. Buat kamu yang baru saja memulai untuk menjadi dropshipper tentu masih bingung bara apa yang cocok untuk di jual karena tidak semua barang mudah untuk di perjual belikan.

Bahkan ada beberapa jenis barang yang sangat sulit untuk menemukan pembelinya, jadi kita jangan samapai salah pilih barang untuk kita promosikan.

Adapun beberapa kriteria barang yang laris manis untuk di perjual belikan di pasaran adalah sebagai berikut :

  • barang apa yang paling banyak peminatnya?..

carilah barang yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, contohnya saja pakaian.

Pakaian salah satu yang menjadi sorotan para dropshipper karena permintaan pasar yang sangat tinggi karena 1 orang bisa membeli beberapa pasang pakaian. Bahkan ketika kita memiliki uang lebih, kita selalu tertarik ketika melihat model pakaian yang baru keluar.

Apalagi buat para cewe yang memang sudah menjadi tabiatnya sangat konsumtif sekali untuk masalah pakaian.

Apalagi menjelang bulan Ramadhan yang menjadi masa panen bagi para pedagang pakaian. Kenapa?..

 Karena sudah menjadi tradisi kita lebaran saling bersilaturahmi ke rumah tetangga dan keluarga yang tentu saja menjadi tuntutan untuk kita berpenampilan menarik di depan orang banyak.

Maka dari itu disinilah kesempatan kita untuk meraup keuntungan dengan menjula barang pakaian yang mereka inginkan. Dari mulai pakaian anak-anak hingga orang dewasa.

  • Apakah barang yang kamu jual dapat membantu orang lain?..

Umpamanya saja obat jerawat, buat mereka yang mengalami masalah tentang jerawat tentu mereka membutuhkan pertolongan. Nah disinilah kita tampil sebagai orang yang membantu mereka untuk mengatasi masalah jerawat yang mereka alami.

Karena meraka merasa terbantu tentu mereka juga tidak akan mempermasalahkan soal uang yang harus mereka keluarkan selama masalah mereka teratasi?.. disinilah kita dapat mengambil untung yang lebih dari biasanya (tapi jangan banyak-banyak ya neng)…

  • Barang apa yang banyak digunakan?..

carilah produk atau barang sering digunakan oleh berbagai kalangan contohnya tas. Sebagaiman yang kita ketahui tas juga meruapakan salah satu barang yang sangat kita butuhkan untuk berbagai kalangan, dari mulai untuk keperluan sekolah, kerja dan lain sebagainya.

Perlu kita ketahui barang yang banyak digunakan berbeda dengan yang banyak peminatnya, karena barang yang banyak peminatnya satu orang bisa menggunakan beberapa barang yang sama seperti baju nah sedangkan barang yang banyak digunakan satu orang hanya membutuhkan satu barang namun bersifat berkelanjutan.

Lipstik contohnya, biasanya satu orang wanita hanya memiliki satu atau dua jenis lipstik namun berbeda dengan halnya baju atau yang lainnya.

  • Berapa banyak orang yang menjual barang yang sama dengan yang kita jual?..

Pada umumnya jenis barang yang saya sebutkan di atas sudah banyak saingannya, jadi carilah barang atau produk yang masih sedikit penjualnya dan tinggi permintaan pasar.

Kita dapat melihat-lihat bagaimana pasar di luar negri, apa kira-kira yang akan buming hingga ke wilayah kita. Jadi kita yang akan menjadi dropshipper pertama di wilayah kita. Atau kita yang mencoba untuk suatu barang yang ada di  luar negeri menjadi buming di wilayah kita dan kitalah yang menjadi penjual pertamanya.

  1. Promosi

Setalah kita punya barang atau produk untuk kita pasarkan kita sudah dapat mulai mempromosikan barang atau produk tersebut kepada para calon pembeli, namun apakah kita akan menawarkan secara manual atau door ke door?..

Tentu saja tidak, kita akan memanfaatkan sosial medai untuk promosi barang dagangan kita, yux kita simak penjelasan berikut:

  • Facebook

Media sosial yang paling banyka digunakan adalah facebook maka dari itu kita harus memanfaatkan facebook untuk media informasi dan mempromosikan barang yang kita jual, namun apabila kita hanya mempromosikan barang tanpa mengetahui bagaimana cara promosi yang paling ampuh kita Cuma akan membuang-buang waktu saja.

Adapun langkah langkah promosinya sebagai berikut:

Kamu harus mempunyai grup facebook sendiri yang anggotanya juga harus banyak. Gimana caranya?..

Jika kamu sudah punya 1 akun fb, kamu harus membuat 4 akun fb yang berbeda lagi dan dari ke 4 akun tersebut harus sudah memiliki banyak teman, setalah itu kamu membuat grup jual beli atau semacamnya dari akun fb asli milikmu. Kamu dapat menambahkan 4 akun fb yang sudah kamu buat tadi sebagai anggota, setiap hari kamu dapat menambahkan teman fb kita untuk menjadi anggota grup fb yang kita buat tadi.

Jadi setiap akun yang udah kamu buat dapat kamu manfaatkan untuk menambahkan anggota grup kamu, walaupun cara ini terbilang agak memaksa sih tapi toh gak ada yang di rugikan.

  • Instagram

Untuk kamu yang belum memiliki banyak follower siapa yang akan percaya akan produk yang kamu jual, sebelum kamu promosi sebaiknya kamu meningkatkan follower kamu terlebih dahulu.

Untuk meningkatkan follower kamu dapat membelinya kepada orang yang menyediakan jasa follower, like dan fans page. Setelah follower sudah banyak barulah kamu mulai beraksi untuk mempromosikan produk kamu.

  • Twetter

Untuk pengguna twetter juga sama dengan Instgram.

  • Blog

Selain promosi di sosial media kamu juga bisa promosi lewat blog, kamu dapat memasang banner di blog-blog yang ramai pengunjung, dari sekian pengunjung tentu ada yang akan membeli barang atau produk yang kamu jual.

Untuk memasang banner di blog orang lain tentu kamu harus mengeluarkan biaya, untuk kamu yang tidak ingin memngeluarkan biaya kamu dapat membuat blog sendiri dan mengangkat artikel-artikel yang berkaitan dengan barang atau produk yang kamu pasarkan. Cara ini cukup bagus walaupun harus memakan waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu memutuskan ingin menjadi dropshipper. Ada banyak hal lain yang harus kemu pelajari untuk menjadi dropshipper sukses.

Setiap hari selalu ada saja hal-hal baru yang harus pelajari untuk berjuang menjadi dropshipper yang sukses. Jika kamu merasa puas yang sudah kamu peroleh maka bisa jadi ke puasan kamu itu tidak akan bertahan lama karena setiap saat salalu ada perubahan yang tetap harus kita amati.

Salam sukses