Istilah Bid Dan Offer Ketika Bermain Saham

Istilah Bid Dan Offer Ketika Bermain Saham

Istilah Bid Dan Offer
Istilah Bid Dan Offer

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia saham, sebaiknya kita harus mengerti terlebih dahulu bahasa-bahasa yang banyak di gunakan oleh pemain saham.

Ada banyak sekali pribahasa-pribahasa yang jarang kita dengan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah bid dan offer.

Kedua kata ini jarang sekali kita dengan dalam kehidupan biasa, namun kerak di sebutkan dalam dunia saham. Agar kita tidak salah dalam mengambil tendakan maka kita harus benar-benar mengerti arti kedua kata tersebut.

Pengertian Bid

Bid adalah penawaran harga saham yang dilakukan oleh calon pembeli, setiap calon pembeli ingin membeli saham dengan harga yang serendah-rendahnya sehingga bid biasanya berada di bawah price.

Pengertian offer

Offer adalah penawaran harga dari pihak penjual saham, para penjual biasanya ingin menjual saham mereka dengan harga yang setinggi-tingginya kepada pihak pembeli.

Penawaran biasa terjadi dalam jual beli, bahkan sering kita jumpai di pasar atau toko, namun mereka tidak menggunakan bahasa seperti kedua kata tersebut. Kita harus mengerti dengan apa yang dimaksudkan dari penjual ataupun pembeli.

Contoh kasus:

Pihak A ingin menjual sahamnya dengan harga Rp2.000 dan pihak B ingin membeli saham namun dengan harga serendah-rendahnya yaitu Rp1.000 per saham.

Agar transaksi dapat terjadi maka kedua pihak harus mengalah, pihak A menurunkan Offer sedangkan pihak B menaikkan bid.

Catatan:

Bid dan offer merupakan jumlah penawaran dari sebelah pihak, yang utam harus diperhatikan adalah value dan price dari sebuah saham dan kelangsungan harga untuk masa depan.

Setiap penjual saham tentu salalu berusaha agar saham mereka di beli dengan harga yang tinggi, namun belum tentu saham tersebut dapat memberikan keuntungan bagi kita. Maka dari itu pengamatan yang mendalam untuk menentukan price dan value sangat di perlukan.

Jangan sampai kita terkecoh oleh isu-isu yang beredar tentang saham yang ingin kita beli, kita tetap harus mengutamakan pengamatan dan logika.

Demikian penjelasan singkat mengenai bit dan offer ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita semua dalam dunia saham. Terima kasih dan salam sukses.