Ini Dia Jenis Dan Harga Peralatan Konter Pulsa Untuk Usaha

Salah satu usaha yang sangat menjanjikan adalah membuka konter pulsa, selain mudah juga dapat dikerjakan sebagai usaha sampingan.

Meskipun komisi pertransaksi tidak terlalu besar namun intensitas transaksi yang tinggi akan dapat menghasilkan uang yang cukup besar, bahkan dapat mengalahkan pendapatan pekerja kantor biasa.

Untuk membuat sebuah usaha konter juga tidak sulit dan tidak memakan biaya yang besar, harga peralatan yang dibutuhkan tidak semahal yang kita bayangkan, cukup hanya dengan Rp 1 jutaan saja kita sudah dapat membeli berbagai macam perelatan tersebut hingga lengkap.

Sebelum kita membeli peralatan konter, kita harus menetapkan tempat konter yang akan kita, dengan begitu kita dapat menyesuaikan alat-alat konter dengan ruang konter.

Jangan sampai peralatan yang kita beli ternyata tidak sesuai dengan keadaan atau luas konter, atau  membeli banyak alat sementara tidak sesuai dengan luas konter sehingga tempat menjadi sempit. Tentu hal ini akan menghambar kita maupun pelanggan.

baca juga: CARA MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET

Alat yang paling umum untuk membuka sebuah konter adala estalasi, namun sebelum membeli sebaiknya kita harus mengukur luas konter terlebih dahulu.

Perlengkapan dan alat-alat konter pulsa yang utama, antara lain:

  1. Etalase

kursi dan estalase

Harga setiap Etalase Konter HP berbeda-beda bergantung pada ukuran yang kita pesan:

Etalase ukuran 1 meter Rp 950 ribu

Etalase ukuran 1,5 meter Rp 1,4 juta

Etalase ukuran 2 meter Rp 1,6 juta

Harga yang saya sebutkan diatas bersumber dari salah seorang pengrajin etalase di wilayah Bogor Timur.

Setiap etalase yang dijual pengrajin dan ditoko pada umumnya berbeda-beda tergantung pada bentuk, ukuran, bahan serta fasilitas etalase tersebut.

Bentuk estalasi pada umumnya memanjang karena berfungsi untuk meletakkan kartu perdana, voucher pulsa dan handphone jualan agar dapat dilihat orang.

  1. Tempat Pajangan Kartu Perdana, voucher pulsa dan Handphone atau Holder Aksesoris

kursi display kartu

Benda ini berfungsi untuk memajang Kartu Perdana, voucher pulsa dan Handphone agar terlihat rapi dan menarik. Biasanya diletakkan didalam atau di atas etalase konter.

Dudukan Display kartu perdana/Aksesoris/Handphone, benda ini dapat menampung hampir semua jenis Handphone mulai dari Hp candybar, BB, sampai Tablet dan lain sebagainya. kita dapat membelinya  dengan harga Rp 9.500/per pcs.

display hp

Untuk Dudukan Display Kartu Perdana yang lebih besar dengan Ukuran 20 x 30 cm dan 9 tingkat dengan daya tampung 18 kartu dengan harga Rp 17.500/per pcs

Tersedia juga Dudukan Display Kartu Perdana Mini, dengan kuran 10 x 12 cm dan 9 tingkat dengan daya tampung 9 kartu dan harga Rp 9.500/per pcs.

Tersedia juga tempat Pajangan Kartu Perdana Mini yang Berlogo Operator dengan 5 Tingkat dimana per barisnya dapat menampung 1 kartu. Tersedia untuk 3 pilihan warna yaitu  biru transparan, hitam dan merah.

Tersedia 6 Logo Operator yakni Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Axis dan Smartfren, alat ini dibandrol dengan harga Rp 28.500/per pcs

Selain itu juga tersedia tempat/dudukan pajangan Hp tipe Single di berbagai toko penjual aksesoris hp. Harganya hanya berkisar Rp 6.500/per pcs. Terbuat dari akrilik yang cukup kokoh dan berkualitas.

  1. Rak Display (Rak Mundo) Aksesoris Hp dengan Kaki Wire Mash

stok hook gantungan aksesoris rak gantung mini

Tersedia jga Rak display aksesoris Hp dengan ukuran 100 cm x 120 cm dan harga Rp 224.000 + Kaki Wire mesh sebagai penyangga dengan tinggi 120 cm  Rp 170.000/sepasang.

Fungsi utama rak display ini adalah untuk memajang berbagai jenis aksesoris HP dan perlengkapan seperti Baterai HP, Casing, Kartu Memori, Handsfree, Anti Gores, Power Bank, Charger, Silicon dan lain sebagainya.

Harga rak display yang saya sebutkan diatas bersumber dari minimarketrak.com.

namun bila kita ingin membeli Rak jaring aksesoris dengan harga lebih murah dan tanpa kaki (tempel tembok):

dapat kita beli di berbagai toko online dengan harga berkisar Rp 75.000/per pcs untuk ukuran 65 cm x 95 cm (kualitas besi kawat yang cukup tebal).

Sedangkan untuk Stick Hook Gantungan Rak Aksesoris hanya berkisar Rp 1.700/per pcs dengan ukuran panjang 20 cm dan Rp 1.600/per pcs dengan ukuran 15cm.

  1. Rak Gantung Mini Putar (Opsional)

Rak gantung putar ini dapat kita miliki dengan harga berkisar antara Rp 59.500 hingga Rp 350.000 tergantung pada bentuk kualitas dan ukuran.

Misalnya saja rak gantung 2 tingkat dengan merk Red Sun tentu jauh lebih mahal dari rak  gantung 2 tingkat yang tidak memiliki merk.

Fungsi utama rak gantung putar ini sebagai media memajang aksesoris-aksesoris hp yang memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan ringan seperti anti gores, cardreader, gantungan hp, memory card, gantungan kunci, stiker, kabel data, flash disk  dan lain sebagainya.

  1. Micro/Nano Sim Cutter

pemotong kartu

Fungsi utama alat ini adalah untuk memotong kartu sim perdana menjadi ukuran yang lebih kecil, karena sebagian besar smartphone keluaran terakhir menggunakan slot kartu sim micro dan nano sedangkan beberapa provider masih menjual beberapa kartu sim yang memiliki ukuran besar.

Harga alat ini juga tidak mahal yaitu Rp 45.000 di toko online maupun toko. Pastikan membeli Sim Cutter pada penjual yang terpercaya, karena sekarang ini banyak beredar sim cutter dengan kualitas yang jelek namun di bandrol dengan harga yang sama dengan merk berkualitas.

  1. Kursi Plastik

Agar pelanggan  merasa lebih nyaman maka kita harus menyediakan tempat duduk. Kita dapat menggunakan Bangku Plastik Lionstar sebagai tempat duduk, selain praktis harganya juga terbilang murah yaitu Rp 45.000/perkursi.

Banyak kursi sesuaikan dengan luas konter dan banyak pelanggan, untuk awal sebaiknya 1 atau 2 kursi saja, jika sudah memiliki banyak pelanggan barulah di tambah sedikit demi sedikit.

  1. Banner/Spanduk

spanduk jual puls

Untuk konter yang baru buka, Banner/Spanduk merupakan salah satu peralatan yang sangat penting karena kita harus memperkenalkan kepada orang-orang bahwa kita telah membuka konter baru.

Dengan adanya Banner/Spanduk juga dapat menimbulkan daya tarik tersendiri terhadap  orang yang berlalu lalang di sekitar konter baru kita.

Untuk harganya Banner/Spanduk bervariasi, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan, namun lebih dipengaruhi oleh ukuran. Semakin besar dan bagus kualitas bahan maka akan semakin tinggi harga Banner/Spanduk tersebut.

Namun pada umumnya harga Banner/Spanduk Konter Pulsa yang pernah saya jumpai dengan ukuran 150 cm x 100 cm (Cetak + Full Support Desain) di bandrol harga Rp 74.500.

  1. Led Sign Pulsa (Opsional)

papan tulisan jual pulsa

Selain Banner/Spanduk, Led Sign Pulsa juga dapat digunakan untuk menimbulkan daya tarik bagi para pelanggan atau orang yang berlalu lalang.

Led Sign Pulsa pada umumnya berupa Box Lampu dan Kabel yang bertuliskan jual pulsa atau kata lainnya.

Harga Led Sign Pulsa juga bervariasi, tergantung pada ukuran, jumlah karakter dan kualitas bahan. Pada umumnya Led Sign Pulsa dibandrol dengan harga Rp 110-650 ribu.

Kita dapat memesan kalimat tulisan sesuai dengan keinginan kita. Led Sign Pulsa ini bersifat opsional, dan tidak wajib kita beli.

Berbagai macam jenis peralatan/perlengkapan konter pulsa yang saya sebutkan di atas dapat kita beli di berbagai toko online dan offline.

semua itu adalah peralatan utamanya saja. Bila kita tidak ingin menjual aksesoris dan lain sebagainya, kita cukup beli etalase, wadah display kartu perdana, kursi plastik, micro sim cutter dan banner/spanduk pulsa saja.

Untuk hp isi pulsa, dapat menggunakan hp pribadi namun sebaiknya gunakan hp khusu jual pulsa, agar managemen lebih baik.

Selanjutnya dalah produk kartu perdana dan voucher yang akan kita jual di konter baru kita, kita dapat membelinya di konter-konter besar di daerah kita masing-masing dan meminta harga reseller.

Untuk saldo pulsa elektrik yang akan kita jual, dapat dibeli di server pulsa yang ada di daerah kita masing-masing.

Carilah  server pulsa yang support transaksi 24 jam, untuk awal kita cukup membeli Rp200 ribu saja. Jika sudah memiliki banyak pelanggan barulah kita menambah jumlah saldo kita.

Itulah beberapa alat yang dapat kita beli untuk memulai usaha konter. Harga alat-alat tersebut sangat terjangkau bahkan terbilang murah.

Untuk awal mungkin uang yang dihasilkan dari konter baru tidak begitu memuaskan namun semakin hari pasti pelanggan akan semakin bertambah hingga berada pada titik yang sangat memuaskan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kita dapat membuka konter besar dan menjadi penjual saldo pulsa ke berbagai agen pulsa lain.

baca juga: Inilah Contoh Usaha Modal 200 Ribu Beserta Cara Menjalankannya

Di tambah lagi semakin hari pengguna hp terus bertambah, dari mulai kalangan anak sekolah hingga orang tua sekarang ini sudah menggunakan hp untuk berkomunikasi jarak jauh.

Hal ini menunjukkan bahwa usaha konter memiliki prospek yang cerah untuk kedepannya.

Sekian untuk pertemuan dan penjelasan tentang jenis dan harga perelatan konter, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi seluruh pembacanya.

Terima kasih dan salam sukses.