Informasi Menarik Seputar Ripple

Maraknya penggunaan teknologi mata uang digital seperti halnya cryptocurrency mengembangkan konsep yang berbeda dan meniru koin lainnya. pada saat ini bitcoin secara resmi membuka pasaran baru yang bernama coin ripple.

Ripple , mendengar namanya saja sudah asing di telinga. Apa lagi jika ditanya apa itu coin ripple ?

Bagi anda yang masih kurang memahami apa itu coin ripple, apa fungsinya dan apa hubungannya dengan bitcoin yang hingga saat ini harganya terus melonjak.

Dalam Artikel kali ini saya akan mengupas tuntas tentang pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak anda mengenai coin ripple . langsung saja mari simak penjelasan berikut ini :

Apa Itu Coin Ripple ?

Coin ripple atau ripple merupakan mata uang digital yang serupa dengan bitcoin. Dengan nama sistem pembayaran global yang terhubung dengan berbagai mata uang di dunia.

Sama halnya dengan bitcoin, ripple juga memiliki satuan mata uang yang dikenal dengan nama XRP. Jadi secara sederhana ripple coin merupakan bentuk mata uang digital yang cara kerjanya sama dengan bitcoin.

Yang menggunakan teknologi yang memudahkan para pengusaha, perusahaan ataupun masyarakat untuk menjual, membeli, menerima dan mengirim berbagai macam mata uang tanpa khawatir terjadinya delay yang lama dan biaya transaksi yang mahal.

Apa itu delay ? Delay merupakan keterlambatan dalam waktu transmisi data dari pengirim dan penerima, satuan dari delay adalah sekon (detik).

Mengapa biaya transaksi Ripple murah dan bebas delay? Hal ini dikarenakan cara kerja ripple yang peer-to-peer tanpa mengandalkan pihak ketiga. Itu lah yang menyebabkan masyarakat banyak menggunakan Ripple dan Bitcoin.

Siapakah yang menciptakan Coin Ripple ?

Mata uang digital Ripple ditemukan pada tahun 2011 dan diciptakan Jed McCaleb. Jed McCaleb merupakan salah satu dari kriptografer terbaik di dunia dan merupakan coder yang sangat handal.

Pada pertengahan bulan desember, Ripple sebagai mata uang digital baru sudah menunjukkan pamornya dengan total mata uang yang mencapai 527 juta USD. Dengan nilai mata uang sebesar itu, Ripple berhasil berada di posisi kedua di market cap setelah bitcoin.

Penemuan yang ditemukan oleh Jed McCaleb sebagai inventor dikembangkan oleh perusahaan yang menciptakan sebuah protokol Ripple yaitu Ripple Labs yang sebelumnya disebut dengan OpenCoin dengan CEO Chris Larsen.

Munculnya Ripple dilatarbelakangi oleh potensi yang dimiliki oleh bitcoin yang merajai mata uang digital diseluruh dunia pada saat ini. Bitcoin dirasa masih memiliki kekurangan karena tidak memiliki fasilitas teknologi yang memiliki sistem pembayaran yang tidak terdesentralisasi.

Dengan kata lain sistem pembayaran yang satu dengan yang lainnya tidak terhubung sehingga hal ini akan mempersulit sistem pembayaran dengan menggunakan mata uang digital.

McCaleb adalah orang pertama yang berpikir bahwa agar mata uang digital yang terdesentralisasi seperti bitcoin dan lainnya ingin sukses, maka hal yang harus dilakukan adalah menyediakan tempat bagi masyarakat untuk mempermudah sistem pembayaran dengan menggunakan mata uang digital.

Apakah Coin Ripple Menjadi Revolusi Uang Digital?

Melonjaknya minat pasar terhadap bitcoin dan Ethereum memicu timbulnya persaingan dalam pasar mata uang digital. Saat ini ripple sebagai mata uang uang digital yang baru juga menunjukkan kekuatan dan pamornya.

Pasalnya Ripple memiliki peningkatan harga yang cukup memukau dalam waktu 24 jam Ripple mencapai kenaikan sebesar 24,2%.

Dengan demikian, hal inilah yang memunculkan pemikiran bahwa Ripple akan menjadi Cryptocurrency terbesar kedua di dunia setelah bitcoin.

Perbedaan Bitcoin dan Ripple

Sama halnya dengan Bitcoin, satuan mata uang XRP atau Ripple adalah mata uang digital yang berdasarkan pada formula matematika dan mempunyai suplay coin yang terbatas. Nah, supplay coin yang terbatas inilah yang menjadikan Ripple memiliki harga yang tinggi di market cap.

Perbedaan yang mendasar antara bitcoin dan ripple adalah tentang fasilitas yang diberikan oleh keduanya. Ripple memfasilitasi pertukaran XRP dengan berbagai mata uang yang ada didunia termasuk juga untuk menukarnya dengan bitcoin.

Sedangkan bitcoin hanya mendukung pengiriman antar sesama pengguna bitcoin saja. Jadi jika anda menggunakan bitcoin ke mata uang lokal , anda harus mencari exchange atau Bitcoin User lain untuk menukarkan bitcoin. Dari segi kepraktisan pertukaran, Ripple lebih memudahkan anda dibandingkan dengan bitcoin.

Kelebihan Ripple dibandingkan dengan Bitcoin

Selain dapat ditukarkan dengan teknologi dan jaringan yang mendukung berbagai mata uang negara di dunia, Ripple juga memiliki misi untuk merobohkan dinding yang membatasi pembayaran dalam dunia finansial.

Sistem pembayaran yang banyak digunakan pada saat ini diciptakan dengan caranya sendiri dan tidak terhubung antara sistem pembayaran yang satu dengan yang lainnya.

Contoh lain selain Bitcoin adalah Paypal, pengguna Paypal hanya dapat megirimkan uang kepada sesama pengguna paypal. Dan pada saat ingin berbelanja anda hanya dapat melakukan pembayaran dengan situs-situs yang sudah bekerjasama dengan Paypal. Hal inilah yang dinamakan pembatasan pembayaran. Dengan adanya fitur yang ditetapkan oleh Ripple, membuat mata uang digital ini banyak diminati seluruh dunia.

Fungsi Ripple di dunia Internet Saat ini

Ripple digunakan sebagai mata uang digital yang dirasa mampu untuk mendobrak dinding pembatas pembayaran. Hal ini juga dipertegas oleh penjelasan dari david Schawartz sebagai pimpinan dari Cryptographer Ripple.

David  Schawartz  mengatakan bahwa : Sistem pembayaran saat ini bagaikan sebuah email pada awal tahun 80an.

Dimana beberapa penyedia membangun sistem mereka sendiri untuk customer mereka dan jika seorang customer menggunakan sistem pembayaran yang berbeda.

Orang tersebut tidak dapat melakukan interaksi atau melakukan transaksi dengan mudah antara satu dengan yang lainnya. Ripple didesain untuk menghubungkan perbedaan sistem pembayaran yang berbeda tersebut secara bersama-sama.

Dari penjelasan yang dipaparkan oleh David Schawartz jelas bahwa munculnya Ripple yang memiliki cara kerja seperti itu memiliki fungsi untuk menjadikan sistem pembayaran elektronik dengan menggunakan mata uang digital menjadi lebih mudah.

Walaupun bitcoin masih menjadi mata uang digital nomor satu di dunia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Ripple dapat menggantikannya dengan teknologi sistem pembayaran yang mudah dan praktis untuk digunakan.

Tips Sukses Trading dengan Coin Ripple

Ripple sangat bagus dan memiliki potensi yang tinggi dalam kegiatan trading. Karena Ripple sudah berada pada posisi kedua setelah bitcoin di ranking coin Market cap.

Bagi anda yang ingin sukses melakukan trader dengan menggunakan mata uang digital semacam bitcoin. Akan lebih baik jika anda bisa menjadikan coin market cap sebagai patokan atau acuannya.

Karena biasanya para traders akan melihat posisi coin yang berada di marketcap tersebut, lalu mempertimbangkan untuk membelinya atau tidak.

Tips singkat bagi anda yang ingin melakukan trader dengan bitcoin. Anda dapat memperhatikan posisi koin yang berada di marketcap, pilihlah koin yang memiliki volume yang tinggi .

Pastikan anda memilih koin yang berada di top 5 di coin market cap ranking. Karena coin-coin yang berada di top 5 sudah dapat dipastikan bagus dan memiliki potensi yang tinggi untuk dibeli para trader dan harganya cenderung akan naik .

Bagi yang masih bingung coinmarket cap itu apa . Coinmarketcap  adalah sebuah situs lengkap dan up-to-date yang menunjukkan pergerakan harga seluruh Cryptocurrency yang ada di dunia. Pada bulan Agustus 2017, sudah ada lebih dari 500 coin crypto. Dan bitcoin masih menduduki posisi pertama.

Demikianlah penjelasan saya mengenai info menarik seputar Ripple , mudah – mudahan penjelasan saya diatas dapat memberi sedikit pengetahuan tentang ripple. semoga bermanfaat.