Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Di Terima Kerja

Tepat 1 munggu setelah pengumuman kelulusan sekolah tingkat SMP dan SMA, dan sebentar lagi akan banyak mahasiswa yang bergembira karena akan menerima gelar sarjananya masing-masing.

Tentu saja semua itu adalah kabar gembira, saya ucapkan selamat. Namun jangan mengira perjuangan cukup sampai disitu saja, setelah lulus sekolah maupun kuliah kita akan berhadapan dengan dunia kerja yang jauh lebih kejam dan sulit dari pada dunia pendidikan yang telah kita lalui.

Salah satu kenyataan pahit yang harus kita hadapi adalah sulitnya mencari kerja meski kita sudah memiliki ijazah dari SMP hingga Sarjana. Bahkan ada banyak sekali orang yang memiliki gelar sarjana namun belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Tips Mengirim Lamaran CV Lewat Email Yang Baik Dan Benar

Dahulu, mencari lowongan kerja di lakukan dengan cara manual yaitu mendatangi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Cara ini sangat merepotkan dan melelahkan, sementara hasil belum tentu di dapatkan.

Namun sekarang ini sudah tidak demikian, kita tidak perlu lagi mendatangi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Kita cukup hanya melihat lowongan kerja yang tersedia di internet, ada banyak sekali perusahaan yang mencari tenaga kerja dari internet.

Jika kita sudah menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan bidang kita di internet, maka kita cukup melamar pekerjaan tersebut dengan menggunakan email tanpa harus mendatangi perusahaan.

Jika kita di anggap layak menjadi karyawan mereka maka kita akan di panggil untuk mengikuti tes/seleksi selanjutnya, pada tahap ini barulah kita harus mendatangai lokasi tertentu untuk melakukan tes yang sudah di tentukan perusahaan.

Namun pada kenyataannya ada banyak sekali yang tidak/belum mengetahui bagaimana cara melamar pekerjaan melalui email sehingga banyak di antara pelamar yang di tolak bukan karena mereka tidak layak melainkan surat lamaran yang mereka kirim via email tidak benar.

Maka dari itu saya akan berusaha menjelaskan bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja/curriculum vitae yang benar agar kita diterima di perusahaan tempat kita melamar kerja. Mari kita simak penjelasan berikut:

  1. Gunakan email professional

Jangan pernah menganggap remeh segala sesuatu jika kita tidak ingin menyesal di kemudian hari, begitu juga dengan email yang kita gunakan untuk melamar kerja.

Saran saya, gunakan email yang sesuai dengan nama kita dan email lama yang di gunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat akun social media dan lain sebagainya. Hal ini akan memberi kesan tersendiri di mata HRD.

Akses email tersebut dari gadgetmu agar jika ada pemberitahuan kamu dapat dengan cepat mengetahuinya, jangan sampai ada informasi yang telat kamu ketahui atau bahkan terlewatkan. Karena biasanya informasi akan di kirim ke email pelamar.

Email Professional
Email Professional
  1. Menggunakan subject dan judul email yang tepat

Perlu kamu ketahui bahwa yang membutuhkan pekerjaan tidak hanya kamu saja, melainikan ada banyak sekali, sehingga pesan email yang masuk ke HRD tentu tidak sedikit.

Hal pertama yang di lihat HRD adalah judul dan subject email yang masuk, jika judul atau subject yang kita kirim tidak jelas maka berhentilah berharap untuk di terima. Karena dapat di pastikan HRD tidak akan membaca lebih lanjut berkas yang telah kita kirim.

HRD hanya akan membaca surat lamaran dengan format judul dan subject yang benar, maka dari itu buatlah judul yang singkat dan padat guna mempermudah HRD dalam melakukan seleksi berkas.

Melamar pekerjaan (jabatan biasanya dalam bentuk kode) – nama pelamar kerja

Contoh :           Melamar Pekerjaan (CS) – Zulkifli

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Di Terima Kerja
Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Di Terima Kerja
  1. Body email singkat padat dan jelas

Sekarang ini, banyak sekali bahasa-bahasa baru bermunculan di kalangan remaja. Mungkin terdengar bagus untuk kalangan remaja atau lainnya. Namun jangan sampai bahasa tersebut kita gunakan dalam penulisan surat lamaran kerja, jika bahasa itu di gunakan sudah pasti kita tidak akan di terima.

Jangankan bahasa, gaya penulisan dan urutan kalimat juga harus di perhatikan. Upayakan surat lamaran yang kita kirim meenggunakan standard EYD dengan singkat dan padat (tidak berbelit).

Ada banyak sekali surat lamaran yang berbeda, baik itu surat lamaran yang di tulis tangan maupun surat lamaran kerja yang di ketik computer. Kita dapat membandingkan dan mengambil kata dan bahasa yang kita anggap baik dan benar.

  1. Attachment berukuran kecil dengan format yang benar

Karena yang melamar pekerjaan tidak sedikit, biasanya perusahaan menggunakan spam filter sehingga kita hanya dapat mengirim file dalam besaran tertentu (biasanya tidak lebih dari 2 MB).

Jika file yang akan kita kirim melebihi ketentuan besaran file yang sudah di tentukan perusahaan maka file tersebut tidak akan pernah terkirim sehingga kita tidak akan pernah mendapatkan panggilan untuk mengikuti tes selanjutnya.

File yang kita kirim harus sesuai dengan file yang di minta oelh perusahaan, pada umumnya perusahaan akan meminta file scan KTP, SKCK, Riwayat Hidup dan lain sebagainya. Dapat di lihat dari brosur atau lowongan kerja yang tertera. Jangan sampai kita mengirim file yang tidak diminta oleh perusahaan.

Namun sekarang ini biasanya perusahaan hanya meminta berkas surat lamaran kerja saja, jika lulus seleksi dan memasuki tahan seleksi interview barulah perusahaan meminta berkas persyaratan lainnya untuk di verifikasi.

Yang saya jelaskan di atas adalah tentang surat lamaran kerja, sedangkan untuk daftar riwayat hidup juga tidak jauh berbeda. Gunakanlah bahasa yang ringkas dan padat agar mudah di pahami, kita dapat melihat beberapa daftar riwayat hidup orang lain untuk sebagai bahan perbandingan.

Kesimpulan

Dari seluruh penjelasan saya merupakan hal-hal sepele yang banyak di remehkan para pelamar kerja namun dapat memberikan dampak yang begitu besar. Sebagian dari yang saya jelaskan adalah hasil riset penyebab pelamar kerja di tolak oleh perusahaan tempa ia melamar.

Perbaiki hal-hal kecil maka kamu akan menjadi besar, logikanya jika kamu memperhatikan hal kecil maka dapat di pastikan kamu akan memperhatikan hal-hal besar.

Demikian tulisan singkat ini, semoga saja dapat membantu para pelamar kerja yang sedang mencari kerja.

Semoga para pembaca diterima di temapat melamar kerja, terima kasih dan salam sukses.