Bingung Tamat Sekolah Mau Ngapain ?

Hallo,  para pembaca setia ku. Sahabat Cashpoin yang berbahagia.

Pada artikel yang satu ini saya akan membahas tentang hal apa yang harus dilakukan setelah tamat sekolah.SMA, SMK,  dan STM sederajat.

Mungkin kalian bingung, setelah tamat sekolah mau ngapain ya ?

Menurut saya, semakin banyak yang tamat sekolah SMA, SMK ataupun STM berarti semakin bertambah juga pengangguran baru , seperti :

1)    Pengacara ( pengangguran banyak acara )

2)    Bangkenas ( bangunan kenak panas )

3)    Kejora ( kadang kerja kadang ora )

4)    PNS ( pagi nunggu sore )

5)    PT.ANGIN RIBUT ( ini sebutan bagi orang yang malas bekerja )

Dan masih banyak lagi istilah – istilah lain yang menyebutkan pengangguran – pengangguran baru .

Apa kalian mau setelah tamat sekolah menjadi seperti demikian ?

Pasti nya tidak kan. Maka dari itu setelah tamat sekolah kalian harus punya pilihan.

Setelah tamat sekolah ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan seperti :

1)    Lanjut Kuliah

 Nah untuk para siswa yang ekonomi keluarga nya bisa terbilang lebih dari cukup (mampu) . Pasti mereka mengambil pilihan yang satu ini. Pilihan yang satu ini sangat cocok diambil oleh siswa yang lulusan SMA .

Karena siswa SMA tidak memliki skill yang cukup baik untuk langsung bekerja seperti halnya lulusan SMK yang dalam pembelajarannya memang sudah dilatih untuk bekerja.

Maka dari itu lulusan SMA harus melanjutkan kuliah untuk lebih mengasah ilmu pengetahuannya. Dan agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang bagus .

Siswa SMA di didik untuk lebih memperdalam ilmu pengetahuannya . Maka dari itu di SMA hanya ada 2 pilihan jurusan yaitu :

1)    Jurusan IPA

Jurusan IPA ini banyak diambil oleh siswa – siswa yang menyukai ilmu pasti atau biasa disebut dengan Eksata. Karena banyak  bermain dengan rumus.

Umumnya pelajaran anak IPA adalah Matematika , IPA, Kimia,  Biologi, Fisika, B.inggris, dll. Karena saya dulunya jurusan IPA . Menurut saya jurusan IPA itu cukup menantang, karena kita diajarkan untuk serius dan pasti.

2)    Jurusan IPS

Jurusan IPS ini lebih mengarah ke pelajaran yang santai. Seperti Ips, sosilogi, Pkn, akuntansi, sejarah, dll.

Umumnya pembelajaran jurusan IPS ini kebanyakan menghafal. Tidak terlalu bermain dengan rumus yang memusingkan kepala.

Mereka memang terbilang cukup santai . Tapi tidak sedikit juga yang berhasil dari jurusan IPS ini. Karena rata – rata penghuni STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah anak IPS bukan anak IPA.

Nah lalu kamu bingung ingin mengambil kuliah dimana ? dan mengambil jurusan apa ?

Saya sarankan jika ingin lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri. Jangan kuliah asal kuliah. Karena setiap PTN memliki akreditasi yang berbeda – beda. Kamu harus bijak memilih PTN yang akreditasinya bagus seperti A dan B. agar setelah tamat kuliah , kamu mudah mendapatkan pekerjaan .

Contoh PTN yang akreditasi nya A adalah sebagai berikut :

  1. Akademi Kepolisian
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Institut Teknologi 10 November
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Gajah Mada
  8. dan masih banyak lagi .

Dan bagi yang belum berhasil memasuki Perguruan Tinggi Negeri jangan berkecil hati, karena masih ada Perguruan Tinggi Swasta yang cukup bagus di Indonesia ini.

Yang perlu diingat adalah pilih lah jurusan yang sesuai dengan kemampuan mu , agar kamu lebih mudah menguasai materinya. Selama kita cinta pelajarannya pasti juga mudah mendapatkan ilmunya.

2)    Kuliah sambil bekerja

 Pilihan yang kedua ini banyak diambil oleh para mahasiswa yang ekonomi keluarganya terbilang kurang mampu. Karena tidak semua orang mampu , maka dari itu mereka harus bekerja sambil kuliah demi menggapai cita – cita nya.

Saya salut kepada orang – orang yang memilih pilihan kedua ini. Karena meskipun biaya tidak mendukung, tapi mereka punya kemauan untuk belajar dan meraih cita – cita yang mereka inginkan. Meskipun mereka harus bekerja.

Kebanyakan orang sukses berasal dari pilihan yang kedua ini. Karena mereka sudah terbiasa susah payah mendapatkan apapun yang mereka mau , sehingga setelah mereka berhasil mereka sayang untuk menyia – nyiakannya.

Namun jangan bersedih sekarang banyak beasiswa yang disediakan pemerintah untuk mahasiswa yang kurang mampu. Seperti BIDIKMISI.

3)    Bekerja

Pilhan yang terakhir adalah bekerja. Jika kalian sudah tidak mempunyai keinginan untuk melanjutkan study ke Perguruan Tinggi atau sudah lelah belajar. Kalian bisa mengambil pilihan yang ketiga ini yaitu bekerja.

Biasanya orang yang memilih untuk bekerja umumnya berasal dari tamatan SMK dan STM. Karena dari sejak mereka sekolah saja . mereka memang sudah di didik untuk bekerja .

Terlebih lagi selama SMK dan STM mereka menjalani PKL ( praktek kerja lapangan ) .

Jadi setelah mereka tamat sekolah mereka sudah memiliki keahlian masing – masing untuk bekerja. Dan tidak ragu lagi untuk terjun ke lapangan pekerjaan. Banyak macam jurusan yang ditawarkan di SMK ataupun STM yaitu :

1)    Jurusan perkantoran , umumnya setelah tamat sekolah mereka melamar kerja ke kantor – kantor kecil seperti kantor Notaris , dll.

2)    Jurusan perhotelan , umumnya setelah tamat sekolah mereka melamar kerja di hotel.

3)    Jurusan otomotif , biasanya setelah tamat sekolah dari jurusan otomotif ini mereka membuka usaha servis sepeda motor atau melamar pekrajaan disebuah sorum sepeda motor, dll

4)    Jurusan Pemasaran , biasanya setelah tamat sekolah mereka melamar pekerjaan di mall – mall, atau swalayan . karena mereka telah biasnaya marketing dan penjualan.

5)    Jurusan listrik , umumnya setelah tamat sekolah mereka melamar pekerjaan yang berhubungan dengan listrik seperti PLN, PLTU, atau PT lainya yang berhubungan dengan listrik

6)    Jurusan tataboga, yang mengambil jurusan ini umumnya orang – orang yang senang memasak . dan biasanya setelah tamat sekolah mereka membuka usaha rumah makan sendiri atau melamar pekerjaan di sebuah restoran ternama di Indonesia.

Dan masih banyak lagi jurusan – jurusan lainnya yang bisa kalian ambil di SMK dan STM. Apapun pilihan kalian saya yakin itu yang terbaik. Dan sesuai dengan keinginan kalian .

Yang terpenting adalah kalian harus pandai – pandai mengolah diri agar mudah memperoleh pekerjaan. Peluang usaha itu banyak asalkan kalian punya skill, kemauan serta keinginan untuk bekerja.

Selain berusaha kalian juga harus menyertakan doa . karena doa sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan kalian.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan pada artikel yang satu ini. Jangan lupa baca artikel – artikel selanjutnya yang tidak kalah menarik dari artikel ini. Sampai jumpa dan semoga sukses.