BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA INGIN TERJUN KEDUNIA CRIPTOCURANCY

Kali ini saya akan sedikit mengupas tentang hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu memutuskan untuk terjun mengikuti perkembangan mata uang digital atau bahasa kerennya criptocurancy.

Sebelum kita mulai mengupas hal-hal terbut kamu harus mengerti terlebih dahulu apa itu mata uang digital.

Mata uang digital atau criptocurancy merupakan mata uang yang di produksi oleh sebuah perusahaan yang hanya dapat di gunakan melalui media penghubung seperti handphone atau komputer. Berbeda dengan mata uang yang kita gunakan sehari-hari, mata uang digital ini tidak terdapat dalam bentuk nyata seperti uang rupiah atau uang lainnya.

Ketika kita hendak berbelanja dengan mata uang digital kita harus menggunakan perangkat penghubung internet untuk membuka wallet mata uang digital kita. Sangat berbeda sekali dengan mata uang rupiah kertas atau logam yang sering kita gunakan untuk berbelanja dan jike lebih kita harus menunggu kembaliannya.

Mata uang digital yang di produksi setiap perusahaan juga berbeda-beda bergantung pada sistem yang mereka gunakan. Secara umum sistem yang sering digunakan mata uang digital ada 2 yaitu:

  1. Mata Uang Digital Yang Menggunakan Metode Blockhain

Mata uang digital yang menggunakan metode blockhain adalah mata uang digital yang menggunakan sistem peer to peer, jika kita hendak mengirim sejumlah uang digital kepada orang lain maka seluruh anggota harus menyetujuinya. Jika salah satu saja ada yang tidak setuju maka transaksi tidak dapat di selesaikan.

Namun apabila ada salah satu anggota yang sengaja tidak menyetujui tanpa ada alasan yang tepat maka dia akan di keluarkan sebagai anggota ( banned permanen ).

Contoh mata uang digital ( blockhain ):

             Bitcoin

Ethereum

Dogecoin

Selain nama mata uang digital di atas masih ada banyak lagi mata uang digital yang menggunakan metode blockhain.

Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat mata uang digital yang banyak di gunakan melalui Coin Market Cap, Coin Market Cap akan memperlihatkan seluruh mata uang digital yang beredar. kamu dapat memperhatikan dari urutan 1 hingga 100 karena mata uang digital akan di urutkan dari yang terbanyak di gunakan hingga tersedikit di gunakan.

Kelebihan mata uang digital yang menggunakan metode blockhain:

  • Tingkat keamanan yang tinggi

Karena setiap transaksi harus meminta persetujuan dari seluruh anggota maka sangat sulit bagi seorang hecker untuk menerobos masuk ke dalam sistem perusahaan.

  • Tidak ada Resiko kerugian

Apabila suatu negara berperang dan negara tersebut mengalami kerusakan yang fatal atau bahkan menghancurkan kantor-kantor bank lokal, kira-kira apa yang akan terjadi?..

Tentu saja uang kita simpan di bank terbut juga terancam musnah, berbeda dengan mata uang digital yang menggunakan metode blockhain yang sudah mencakup skala dunia. Walaupun negara kita kalah berperang atau semacamnya uang kita tetap memiliki mata uang digital tersebut tanpa kurang sepeserpun.

  • Banyak negara yang sudah melegalkan mata uang digital

Karena sudah banyak mata uang digital yang beredar di pasaran akhirnya beberapa negara besar melegalkan penggunaan mata uang digital di negaranya sebagai alat tukar sebagaimana mata uang nasional negara tersebut.

Jepang contohnya, sekarang ini buat kamu yang berlibur ke jepang dan kamu memiliki wallet di bitcoin, kamu tidak perlu lagi repot-repot menukarkan uang ke yen ( mata uang Jepang ) karena kamu sudah boleh menggunakan bitcoin sebagai alat tukar untuk jual beli.

Dengan catatan toko tempat berbelanja juga sudah support bitcoin, kalo beli somai di pinggir jalan belum tentu si tukang somai itu memiliki wallet bitcoin jadi tetap harus pakai mata uang yen.

Kekurangan mata uang digital yang menggunakan metode blockhain

Biaya transaksi yang cukup mahal, karena membutuhkan persetujuan seluruh anggota tente kita harus mengeluarkan biaya transaksi yang lebih dari biasanya untuk mereka yang menyetujui transaksi yang kita lakukan.

  1. Mata uang digital yang tidak menggunakan metode blockhain

Sedangakan jenis mata uang digital kedua yaitu mata uang digital yang tidak menggunakan sistem peer to peer. Mata uang digital ini masih menggunakan kemanan terpusat seperti kendali admin.

Kelebihan mata uang digital yang tidak menggunakan sistem peer to peer:

  • Biaya transaksi yang murah

Kekurangan mata uang digital yang tidak menggunakan sistem peer to peer:

  • Keamanan masih kurang

Keamanan bergantung kepada perusahaan, karena sistem sepenuhnya di kendalikan oleh sistem perusahaan, apabila  sistem telah di susupi oleh hacker tentu kita akan merasakan dampaknya juga karena apabila perusahaan bangkrut dan tutup kita tidak dapat berkata apa-apa lagi.

Tidak ada bedanya dengan uang yang kita simpan di bank, jika perusahaan yang mengeluarkan mata digital tersebut hancur karena peperangan atau terjadi hal-hal yang mengakibatkan kerugian yang tidak dapat di antisipasi oleh prusahaan tentu saja uang kita pun akan hangus lenyap.

Namun jangan hawatir kemungkinan-kemungkinan seperti peperangan negara atau sistem di susupi sangat tipis. Agan gak perlu khawatir. Next.

Kanapa mata uang digital banyak digunakan?..

Jawabanya adalah uang. Mata uang digital berbeda dengan mata uang kartal, karena harga mata uang digital dapat naik dan turun seperti dollar.

Namun apabila dollat pertumbuhan harganya sangat lambat jika di bandingkan denga mata uang digital, bahkan jika mata uang digital hari ini Rp2.000 beberapa jam kemudian bisa mencapat Rp100.000. menakjubkan bukan!..

Untuk mata uang digital yang baru resmi release harganya cendrung naik dari pada turun, hal inilah yang membuat para pengusaha menjadikan mata uang digital sebagai ladang pencarian meraka.

Semaraknya perkembangan mata uang digital membuat beberapa golongan memanfaatkan kesempatan itu untuk menipu dengan cara membuat mata uang digital yang tidak jauh berbeda dan setelah banyak yang menanamkan uang mereka lenyap begitu saja dari permukaan bumi.

Maka dari itu buat kamu yang ingin terjun ke dunia criptocurancy kamu harus teliti dalam menentukan mata uang digital apa yang akan kamu beli, jangan sampai kamu salah pilih mata uang digital yang pada akhirnya akan merugikan dirimu sendiri.

Saya akan memberikan tips seputar memilih mata uang digital, yuk kita simak tips berikut ini:

Vip bitcoin indonesia, buat kamu yang belum bergabung di vip bitcoin indonesia sebaiknya kamu gabung dulu ya. Setelah itu kamu cukup mengamati perkembangan di grup karena setiap ada mata uang digital yang akan masuk ke vip bitcoin pasti sudah ada bocorannya jadi ketika launching kamu dapat langsung membelinya.

Kenapa vip bitcoin?..

Karena setiap mata uang digital yang sudah bergabung dengan vip bitcoin bisa di pastikan kebenaran dan asal usul perusahaannya.

Mata uang digital yang gampang witdrawnya, kenapa?.. percuma aja banyak uang kita di wallet kalau tidak bisa di gunakan, ya kan?..

Biasanya mata uang digital baru fokus kepada penambahan user, nah untuk mereka yang dapat mencari user agar bergabung biasanya mereka di beri imbalan. Nah untuk hadiah itu coba perhatikan apakah benar perusahaan tersebut memberikannya atau cuma sekedar iming-iming saja.

Jadi buat kamu yang ingin terjun kedunia criptocurancy harus benar-benar memperhatikan perusahaan yang memproduksinya jika tidak uangmu akan hangus entah kemana.

Salam Sukses.