Apa itu Emiten?

Emiten

Ketika mendengar kata Emiten mungkin tidak langsung dapat mengerti akan kata tersebut, namun jika kita mendengar kata Perusahaan Publik  maka sudah pasti hampir semua dari kita dapat mencerna arti kata tersebut.

Emiten juga sering disebut sebagai Perusahaan Publik. Emiten (Perusahaan Publik adalah) merupakan sebuah Perusahaan yang menggunakan modal yang diperoleh melalui Pasar Modal dengan cara menerbitkan saham atau obligasi dan menjualnya secara umum kepada masyarakat.

Emiten atau Perusahaan Publik mencatatkan seluruh sahamnya dan diperjual belikan di Bursa Efek Indonesia.

emiten

Pengertian Emiten, Perusahaan Publik, dan Perusahaan Tertutup

Emiten adalah sebuah perusahaan yang menjual saham atau obligasi (saham atau obligasi disebut efek) kepada orang banyak (publik).

Emiten dapat berupa Perusahaan terbuka (publik) maupun Perusahaan tertutup.

Sesuai dengan namanya, perusahaan terbuka (publik) menjual efek saham kepada siapa saja (publik). Sedangkan perusahaan tertutup hanya menjual efek sahamnya kepada orang tertentu (tidak publik).

Walaupun  tidak menjual saham kepada publik, selama perusahaan tersebut menjual efek obligasi kepada publik sudah dapat dikatakan sebagai Emiten.

Namun jika perusahaan tertutup tidak menjual efek saham maupun efek obligasi kepada publik, maka tidak dapat dikatakan sebagai Emiten.

Setiap perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa (disebut emiten). Dalam melakukan emisi, para emiten memiliki berbagai tujuan dan hal ini biasanya sudah tertuang dalam rapat umum pemegang saham (RUPS), antara lain :

  1. Perluasan dan pengembangan usaha, dana yang didapat dari para investor akan digunakan untuk perluasan dan pengembangan usaha, perluasan pasar dan meningkatkan kapasitas produksi perusahaan dan lain sebagainya.
  2. Memperbaiki struktur modal, guna untuk menyeimbangkan antara modal pribadi dengan modal asing (investasi).
  3. Mengadakan pengalihan pemegang saham. Pengalihan dari pemegang saham yang lama kepada pemegang yang saham baru.

Emiten di Pasar Modal

Untuk kamu yang sebelumnya sudah pernah berinvestasi saham di Pasar Modal ataupun mendengar berita media massa seperti televisi dan media lainnya tentang Emiten pasti sudah sering melihat nama-nama Emiten dengan harga yang tidak stabil (naik dan turun) di ticker (slide yang berisikan informasi pada sebuah diberita maupun website) atau juga running trade (informasi pergerakan harga saham yang ada pada sistem-sistem perusahaan sekuritas).

Ada banyak perusahaan yang menjual sahamnya di Pasar Modal untuk berbagai keperluan perusahaan seperti perluasan dan pengembangan usaha, biasanya mereka menggunakan kode Perusahaannya masing-masing.

Contohnya saja:

PT Astra International Tbk dengan kodenya ASII

Bank Central Asia Tbk dengan kodenya BBCA

Bank Negara Indonesia Tbk dengan kodenya BBNI

Bumi Resources Tbk dengan kodenya BUMI.

Dan masih banyak contoh kode lainnya yang terdapat di pasar modal.

Ketika kita melihat atau mendengar sebuah kode emiten di koran, televisi maupun media massa lainnya suatu saat nanti, kita sudah mengerti bahwa itu merupakan sebuah kode untuk Emiten.

Jika kita ingin mengetahui daftar dari semua nama-nama Emiten yang memperdagangkan saham-saham beserta kode Emitennya di Pasar Modal, kita dapat melihatnya langsung dari situs Bursa Efek Indonesia

baca juga: Tentang WACC 

Demikian informasi yang dapat saya bagikan untuk pertemuan kali ini, semoga semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Untuk informasi lain yang berkaitan tentang dengan Pasar Modal dapat kamu lihat dipostingan lainnya.

Terima kasih dan salam sukses.