5 Penyebab Utama Kebanyakan Pengusaha Gulung Tikar

Usaha sekilas memang terlihat sebagai suatu pekerjaan yang mudah. Karena pengusaha hanya duduk santai dan memerintah. Apalagi bagi pengusaha yang telah sukses meraih mimpinya. Dijamin pasti mereka mulai melalaikan visi misinya.

Hal ini biasa terjadi karena kebanyakan pengusaha yang telah sukses kemudian jadi malas untuk terus berusaha. Padahal ada banyak sekali hal – hal yang harus dilakukan meskipun kalian telah berhasil menjalankan sebuah usaha.

Mungkin Anda banyak melihat atau menyaksikan sendiri banyak usaha yang gulung tikar, Nah mengapa hal ini dapat terjadi ?

Pasti ada sebab dan musababnya mengapa pengusaha tersebut gulung tikar. Tidak mungkin seseorang bisa jatuh bangkrut jika tidak ada penyebabnya.

Nah disini saya akan mencoba mengupas satu – persatu penyebab yang membuat kebanyakan  pengusaha gulung tikar.

gulung tikar

Mau tahu apa saja penyebabnya ? Mari simak penjelasan berikut ini :

Berikut 5 Penyebab Utama Pengusaha Gulung Tikar :

  1. Kurang Memperhatikan Usahanya

Wirausaha atau pengusaha adalah seseorang yang memiliki tekad untuk membuka sebuah usaha. Jadi mereka adalah seseorang yang harus memimpin atau mengatur usahanya.

Semua masalah , kendala atau kejadian yang terjadi didalam usaha tersebut adalah menjadi tanggung jawabnya.

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi para pengusaha atau wirausaha untuk memperhatikan usahanya.

Bukan hanya perlu memperhatikan usaha dan memantau usaha, tetapi pengusaha harus bisa lebih fokus dengan usaha yang dijalankannya.

Bagaimana jika kami telah memiliki karyawan ? apa kami juga yang harus memantau usahanya ? lantas apa guna kami memiliki karyawan kalau tidak bisa memantau usaha kami ?

Pertanyaan yang bagus.

Sekalipun kalian telah memiliki karyawan atau telah memiliki seseorang yang kalian tugaskan untuk mengawasi usaha kalian, namun tetap saja mereka adalah pekerja.

Seorang pekerja tidak akan melakukan apapun sepenuhnya. Mereka hanya melakukan pekerjaan yang merupakan tugasnya.

Mereka akan berfikiran untuk tidak mengerjakan segalanya, karena mereka hanya fokus pada pekerjaannya.

Jadi meskipun kalian telah memiliki karyawan, maka kalian juga harus memantau pekerjaan karyawan kalian sekalian juga memantau usaha kalian.

  1. Tidak Memiliki Modal Cadangan

 Yang namanya usaha tidak ada yang berjalan dengan mulus. Pasti akan ada kendala yang menguji anda sebagai pengusaha.

Jadi kalian juga harus memilikirkan hal ini diawal, karena kendala di dalam usaha tersebut pasti terjadi dan akan segera terjadi.

Maka dari itu kalian harus memiliki modal cadangan untuk antisipasi apabila kalian sedang berada di posisi yang kritis.

Jadi apabila suatu kendala itu terjadi, kalian tidak akan merasa kalang kabut lagi dalam mengatasi masalah tersebut.

Karena kalian telah memiliki modal cadangan yang dipersiapkan diawal untuk mengantisipasi adanya kendala di dalam usaha.

  1. Kurangnya Pengalaman

 Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Jadi pengalaman ini sangat penting untuk dimiliki apabila ingin membuka suatu usaha.

Karena jika kalian telah memiliki pengalaman maka kalian tidak akan gugup lagi dalam mengahadapi masalah yang terjadi di dalam usaha.

Pengalaman akan membuat kalian lebih lihai dalam menyelesaikan masalah yang ada di dalam usaha.

  1. Malas Berinovasi

 Seharusnya sebagai pengusaha kalian harus lebih giat dalam berinovasi menciptakan produk – produk terbaru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Tujuannya adalah agar konsumen tidak mudah bosan dengan produk yang kalian tawarkan.

Jika kalian memproduksi banyak variasai barang ataupun produk apalagi produk tersebut sesuai dengan kebutuhan konsumen dijamin pasti para konsumen tidak akan bosan dengan produk yang kalian tawarkan.

Maka dari itu rajin – rajinlah berinovasi guna menciptakan barang – barang yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  1. Kebanyakan memberi utang kepada konsumen  

 Di dalam dunia bisnis atau dunia usaha, utang bukannya tidak diperbolehkan, boleh. Asalkan kalian memberikan utangan kepada orang yang tepat.

Bukannya tidak percaya atau bagaimana. Tetapi alangkah baiknya jika kalian mengantisipasi untuk tidak memberikan utang kepada konsumen yang tidak dikenal.

Lain halnya dengan konsumen yang telah kalian percaya gampang membayar utang ataupun langganan kalian.

Kebanyakan member utang kepada orang yang tidak kalian kenal dapat menyebabkan kerugian dan modal tidak kembali dan akhirnya bangkrut.

Bagaiamana apakah salah satu dari penyebab diatas sering anda lakukan sebagai pengusaha ? jika iya maka hentikanlah kebiasaan tersebut. Karena kebiasaan tersebut dapat menyebabkan usaha kalian bangkrut dan gulung tikar.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 5 Penyebab Utama Pengusaha Kebanyakan Gulung Tikar. Semoga apa yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.