3 Tips Jitu Dalam Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Cepat Habis !

Mengatur Keuangan adalah masalah terbesar yang terjadi pada setiap orang. Masalah keuangan ini sangat sulit sekali untuk diatasi apabila keuangan kamu sudah berada di titik nol. Atau bisa dibilang sudah tidak memiliki uang sama sekali.

Maka dari itu kalian harus pandai – pandai mengatur keuangan kalian. Jangan sampai keuangan kalian berada di titik nol. Karena apabila hal tersebut terjadi , sangat sulit sekali untuk mengatasinya.

Sebenarnya yang dapat menyelamatkan Anda dari masalah keuangan adalah Anda sendiri. Anda yang dapat menyelamatkan diri Anda dari situasi tersebut .

Mengapa saya katakan demikian ?

Karena Anda lah kunci dari segalanya. Jika Anda boros maka keuangan Anda akan cepat menipis. Dan Anda akan merasa kesulitan dalam mengatur keuangan. Begitu juga dengan sebaliknya. Apabila Anda hemat , Anda akan terhindar dari masalah keuangan.

Sebelum saya menjelaskan apa saja 3 Tips Jitu untuk mengatur keuangan Anda, sebaiknya Anda pahami dulu kalimat berikut.

Di dalam kehidupan sehari – hari Anda harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan .

Mengapa kebutuhan dan keinginan disebut berbeda ?

Ya , karena kebanyakan orang tidak tahu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Biar lebih jelas lagi mari simak pengertian berikut :

  1. Kebutuhan adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Dan kebutuhan ini harus ada setiap harinya . Jadi mau tidak mau kita harus mengadakannya setiap hari. Contohnya kebutuhan pokok. Apa saja kebutuhan pokok ?

Contoh Kebutuhan pokok seperti :

  • Makanan dan Minuman

 Coba kalian bayangkan , Makanan dan Minuman harus ada kan setiap hari ? Jadi Anda harus mengadakannya setiap hari .

  • BBM atau Ongkos

 Bahan Bakar Minyak (BBM) ini sangat diperlukan setiap harinya bagi Anda yang bekerja maupun sekolah mengendarai kendaraan bermotor. Sedangkan bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pridadi , terpaksa Anda harus mengendarai Angkutan umum dan Anda harus menyediakan ongkos setiap harinya

  • Pulsa

 Pulsa adalah salah salah satu kebutuhan sehari – hari. Karena pasti Anda memerlukan pulsa untuk berkomunikasi setiap harinya. Tentunya pulsa ini sangat membantu meringankan pekerjaan Anda. Jadi pulsa ini harus ada setiap harinya.

  • Uang Pegangan

 Uang pegangan juga salah satu dari kebutuhan pokok. Karena setiap hari pasti kita memerlukan uang pegangan untuk beraktivitas di luar rumah. Jadi uang pegangan ini harus ada setiap harinya.

SEDANGKAN ……

  1. Keinginan adalah sesuatu yang dibutuhkan, Namun tidak harus ada di dalam kehidupan sehari – hari. Keinginan ini bisa dibilang sesuatu yang ingin dibeli namun tidak dibutuhkan setiap hari. Contoh keinginan adalah ingin membeli tas baru, baju baru, perhiasan baru, dll.

Anda bisa lihatkan , apakah keinginan itu penting di dalam kehidupan sehari – hari ?

Tidak kan ?

Tujuan saya disini adalah agar Anda dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Nah sekarang kalian sudah tahu kan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan ? Maka dari itu kalian harus pandai – pandai dalam membelanjakan uang Anda .

Jangan sampai kebutuhan yang penting tidak terbeli, sedangkan keinginan yang kurang penting tidak terbeli.

Langsung saja kita lanjut ke topik pembicaraan . Pasti kalian sudah penasaran kan mengenai Tips Jitu Mengatur Keuangan.

Berikut adalah 3 Tips Jitu Mengatur Keuangan Anda :

 Membeli barang yang seperlunya saja

 Seperti yang telah saya jelaskan diatas kalian harus tahu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jadi kalian dapat membelanjakan uang kalian untuk keperluan yang penting – penting saja. Apalagi di awal bulan, jangan gara – gara gajian kalian malah berfoya – foya membelanjakan seluruh uang kalian. Kalian harus memikirkan sebulan kedepan. Apabila uang kalian telah habis di awal bulan , lalu bagaimana cara kalian memenuhi kebutuhan kalian seulan ke depan ? itu yang difikirkan.

  1. Pandai menyisihkan uang

 Selain membeli keperluan yang penting – penting saja kalian juga harus pandai menyisihkan uang setiap harinya sebagai tabungan Anda meskipun itu sedikit. Ingat biarpun sedikit lama – lama akan menjadi bukit. Jadi apabila kalian sudah kekeringan, kalian dapat menggunakan tabungan kalian untuk menutupi kebutuhan sehari – hari.

  1. Menghindari Utang

 Nah tips Jitu berikutnya adalah kalian harus menghindari utang. Jika kalian mempunyai utang sedikit misalnya 2000. Langsung bayar saja jika sudah ada uang . Jangan dibiarkan. Karena jika kalian mengabaikan utang yang sedikit lama – kelamaan utang kalian akan menjadi bukit.  Nah jadi lebih banyak kan pengeluaran apabila ada utang ? makanya kalian harus menghindarinya.

Cukup mudah bukan cara mengatur keuangan kalian ? Maka dari itu pandai – pandailah mengatur uang agar anda dapat menabung. Dan memperoleh masa depan yang jauh lebih baik.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 3 Tips Jitu mengatur keuangan Anda . Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Semoga sukses !