2 Hal Pokok Yang Harus Kamu Pertimbangkan Ketika Hendak Membuka Usaha

Sekarang ini banyak orang mendatangi rumah saya dan menawarkan berbagai macam jenis usaha, mereka menawarkan keuntungan yang berlipat ganda tanpa harus berusaha keras.

Saya merasa benar-benar di tipu dengan ucapannya, kenapa?..

Menurut saya, jika kita ingin hasil tentu kita harus berusaha, semakin besar hasil yang kita harapkan maka semakin keraslah kita harus berusaha.

Namun jangan pernah berfikir usaha itu seperti orang yang bekerja untuk mendapatkan uang pada umumnya. Jangan beranggapan kerja keras itu kerja dari pagi hingga malam. Itu adalah pemikiran yang keliru, kenapa?..

Karena setiap usaha itu berbeda-beda, tergantung bidang yang kita tekuni masing-masing. Namun dasar dari usaha itu adalah ilmu pengetahuan, semakin banyak ilmu pengetahuan maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan uang.

Jika kita berusaha tanpa modal ilmu pengetahuan yang memadai, sebaiknya jangan terlalu berharap untuk mendapatkan keuntungan. Sebab balik modal saja sudah syukur.

Apalagi usaha kita itu harus mengeluarkan modal uang yang besar, sebaiknya belajar terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang untuk modal tesebut jika tidak ingin menyesal kemudian karena mengalami kerugian.

Pelajari secara seksama tentang usaha yang akan kita tekuni, dari mulai keuntungan hingga kemungkinan kerugian yang bisa saja menimpa kita.

Mulailah usaha dengan modal yang kecil sebagai bahan pembelajaran, setelah terjun beberapa lama dan memahami betul usaha tersebut barulah kita dapat menggunakan modal dengan jumlah yang lebih besar.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya usaha apa yang cocok untuk saya?..

Jawabannya adalah diri kamu sendiri, bidang apa yang kamu senangi atau kamu kuasai?..

  1. Usaha yang kita senangi

Jika kita senang terhadap suatu pekerjaan maka ketika kita gagal terpuruk kita tidak akan jera, bahkan kita bertambah semangat untuk mencoba lagi.

Namun jika kita mencoba usaha yang tidak kita senangi sama sekali, maka kita akan rentan terhadap kegagalan. Kita akan sulit melawan rintangan dan keterpurukan yang terjadi, karena setiap usaha tentu ada tantangan yang harus di lewatinya.

Jangan beranggapan suatu bidang itu mudah, karena setiap orang yang berhasil di duatu bidang sudah pasti mereka mengalami berbagai macam rintangan.

  1. Usaha yang kamu kuasai

Selanjutnya adalah yang kamu kuasai, ketika kamu sudah menguasai suatu bidang. Tentu bukan hal yang sulit untuk bersaing dengan pengusaha yang lain.

Berbeda halnya dengan orang baru belajar pada suatu bidang, mereka akan sulit bersaing dengan orang lain karena kurangnya pemahaman pada bidang tersebut.

Sebagaimana yang kita lihat, ada banyak orang yang berani mengeluarkan modal yang cukup besar untuk usaha yang sama sekali tidak di kuasainya yang pada akhirnya bukan malah memberikan keuntungan tapi malah uang modal kita habis karena kerugian.

Yang lebih celakanya lagi, ada sebagian yang berani mengorbankan penghasilan yang sudah nyata-nyata ia rasakan untuk penghasilan yang lebih besar namun hanya omong kosong.

Contohnya saja banyak orang yang menjual lahan kebun sawit dan beralih ke usaha lain yang padahal tidak ia kuasai sama sekali.

Maka dari itu sangat penting memilih bidang usaha yang sesuai dengan kita, namun pada kenyataannya banyak orang yang terjun ke suatu bidang hanya karena ingin memperoleh keuntungan yang besar tanpa mempertimbangkan 2 hal pokok di atas.

Sebelum kami membuat usaha sebaiknya pertimbangkan apa yang kamu senangi dan kamu kuasai agar mudah bagimu untuk mencapai kata sukses.

Akan lebih baik jika membuka usaha yang kamu senangi dan kamu kuasai, yakinlah dengan usahamu kamu akan berhasil walaupun tidak ada kepastian kapan kata berhasil itu akan menghampirimu.

Salam pengusaha